Breaking News:

Antisipasi Virus Corona

Sempat Dinas ke Berbagai Kota, Sekwan DPRD Palembang Klaim Semua Anggota Sudah Dites Corona

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang mengaku sudah menjalin tes pemeriksaan pada pekan lalu, Sabtu (21/3/2020).

Editor: Prawira Maulana
RAHMALIA
Pengecekan kesehatan anggota Dewan dan penyemprotan ruangan di Kantor DPRD Kota Palembang dengan disinfectan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Pasca melakukan dinas ke luar kota yakni, Lampung, Batam, Jambi beberapa waktu lalu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang mengaku sudah menjalin tes pemeriksaan pada pekan lalu, Sabtu (21/3/2020).

Hal tersebut dikatakan, Sekertaris Dewan Kota Palembang, Ichsanul Akmal melalui sambungan Telepon, Senin (23/3/2020).

"Sepulang mereka dinas kemarin sudah langsung tes kesehatan, bahkan seluruh Ketua dan anggota lainnya juga ikut dilakukan pemeriksaan. Hasilnya Alhamdulillah bagus, pengecekannya dilakukan tim medis terdiri dari perawat dan ada juga dokter spesialis Paru dari RSUD Bari yang datang ke kantor untuk cek suhu, dll terutama memastikan tidak ada gejala indikasi Covid-19," jelasnya

Di sela pemeriksaan tersebut, Ichsanul atau akrab disapa Ican mengungkapkan bahwa anggota dewan juga diminta mengisi Health Alert Card (HAC) riwayat perjalanan, apabila selama kurun waktu 14 hari kedepan mendapati gelaja maka diharapkan untuk segera lapor dan melakukan tes kesehatan kembali.

"Pengecekannya hampir sama seperti dilakukan di Bandara dll, cek suhu, ada batuk atau gejala lainnya atau tidak. Jadi bukan Rapid Test, alatnya saja kan baru mau dibeli pemerintah," tegasnya.

Namun dengan kondisi saat ini, Anggota DPRD masih bekerja menerima aspirasi dari masyarakat meskipun saat ini sistem pertemuan antar pimpinan fraksi tidak dilakukan lagi lewat rapat-rapat dan hanya work from home (WFH) mengikuti arahan Pemerintah pusat serta edaran dari Walikota Palembang.

"Pasca pemeriksaan kesehatan kemarin, pimpinan melakukan rapim terakhir sebelum bekerja dari rumah. Hasil pertemuan itu, kedepan sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah kota Palembang selama 14 hari tersebut reses, dinas luar kota, rapat-rapat ditunda sementara sesuai edaran walikota sampai 31 Maret, Ketua DPRD juga bekerja dari rumah dan siap ditelpon kapanpun, " ujarnya.

Sebagai langkah preventif penyebaran covid-19, DPRD Kota Palembang sendiri telah melakukan penyemprotan disinfectan kerjasama dengan Dinkes Palembang dan Kecamatan Jakabaring di seluruh ruangan Kantor DPRD termasuk ruang rapat Paripurna.

"Saya ini baru pulang tadi dari meninjau penyemprotan disinfectan. Pihak anggota dewan juga menyiapkan baliho dan memasang spanduk di 18 Dapil yang berisikan tentang ajakan ke masyarakat social distancing demi pencegahan Covid-19 di Palembang," jelasnya.

Ican menambahkan,anggota Dewan juga dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan kesiapan alat-alat kesehatan di Kota Palembang sebagai antisipasi pencegahan Corona.

"Kita juga mengantisipasi penyebaran corona. Masyarakat pun kami minta jika tidak terlalu perlu-perlu keluar rumah ada baiknya tinggal sementara ditempat tinggalnya," tutupnya.

Sementara itu, Humas RSUD Bari Palembang, Lidia mengatakan belum bisa memberikan informasi terkait pemeriksan anggota dewan.

"Maaf saya belum dapat info perihal tersebut," ujarnya singkat(Cr26)

Dewan dan penyemprotan ruangan di Kantor DPRD Kota Palembang dengan disinfectan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved