Pilkada Muratara

Dampak Virus Corona, Tiga Tahapan Pilkada 2020 di Muratara Ditunda

Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto menyampaikan, ada tiga tahapan Pilkada yang ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

KPU Kabupaten Muratara
SI RARU maskot Pilkada 2020 di Kabupaten Muratara. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang tengah mewabah di beberapa wilayah di Indonesia saat ini berdampak pada banyak hal.

Salah satunya penundaan beberapa tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di 270 daerah di Indonesia.

Termasuk di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumsel yang menjadi salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto menyampaikan, ada tiga tahapan Pilkada yang ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tiga tahapan itu yakni perekrutan badan Ad Hoc, verifikasi faktual dokumen dukungan bakal calon perseorangan, dan pemutakhiran data pemilih.

Hal itu disampaikan Agus Maryanto saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Minggu (22/3/2020).

"Tiga tahapan itu berinteraksi langsung dengan banyak orang. Jadi dengan mewabahnya virus corona ini maka ditunda," kata Agus.

Dia menjelaskan, perekrutan badan Ad Hoc meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Hari ini kita pelantikan PPS, karena sudah terbentuk, jadi tidak ada masalah. Nah, yang ditunda adalah perekrutan KPPS," katanya.

Kemudian verifikasi faktual dokumen dukungan bakal calon perseorangan yang seharusnya dimulai tanggal 26 Maret sampai 15 April 2020 terpaksa ditunda.

Pihaknya masih menunggu surat edaran dari KPU RI terkait jadwal pelaksanaan tiga tahapan Pilkada yang dilakukan penundaan tersebut.

"Jadi anggota PPS yang dilantik hari ini mereka bekerja menunggu surat edaran dari KPU RI, kami masih menunggu itu," katanya. (cr14)

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved