Antisipasi Virus Corona

Herman Deru Telepon Tito Karnavian Minta Alat Tes COVID-19 untuk RS Rujukan di Sumsel

Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar segera dilakukan tes cepat atau rapid test untuk mendeteksi dini seseorang terpapar virus Corona

Sripo/ Jati Purwanti
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan, telah mengajukan pengadaan alat tes tersebut kepada kementerian dalam negeri untuk ditempatkan di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumsel. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar segera dilakukan tes cepat atau rapid test untuk mendeteksi dini seseorang terpapar virus Corona.

Menanggapi instruksi itu, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan, telah mengajukan pengadaan alat tes tersebut kepada kementerian dalam negeri untuk ditempatkan di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumsel.

"Semalam, Kamis (19/3/2020), saya telepon ke Mendagri (Tito). Negara sudah punya 1,5 juta alat tes akan disebar ke rumah sakit rujukan."

"Sumsel sudah kita mintakan," katanya pada peresmian SPBU di Jl. HM Noerdin Panji Palembang, Jumat (20/3/2020).

Pulang dari Surabaya, Seorang Warga PALI Berstatus Dalam Pemantauan Isolasi Mandiri di Rumah

Saat ini di Sumatra Selatan tercatat memiliki lima rumah sakit rujukan Covid-19 yakni RS Mohammad Hoesin Palembang, RSU Lahat, RSU Kayu Agung, RS Ibnu Sutowo Baturaja, dan RS Bari Palembang.

Baru-baru ini, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel menambah dua rumah sakit rujukan lagi yakni RS Siti Fatimah dan RS Rivai Abdullah Banyuasin.

Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi dan kesiapan penanganan untuk hadapi jika ada masyarakat Sumsel yang tertular virus korona.

Semula, RSU Lubuklinggau juga didaulat menjadi rumah sakit rujukan, namun karena peralatan dan kesiapan personil yang belum memadai maka rumah sakit tersebut dicabut statusnya sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Menurut Deru, melalui penyediaan alat tes tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan meskipun di Sumsel masih nihil kasus positif virus Corona.

Hari Ini Bertambah 2 Orang Pasien Dalam Pengawasan Diisolasi di RSMH Palembang

"(Nantinya) yang akan dilayani untuk tes adalah yang dicurigai atau yang berkeinginan melakukan tes," ujar Deru

Menurut Deru, di tengah kondisi seperti sekarang ini masyarakat atau kalangan pekerja harus tetap mempertahankan produktivitas kerja dan tetap menerapkan perilaku hidup sehat.

"Produktivitas kita jangan sampai terganggu dan tetap jaga kesehatan. Saya pun masih meresmikan SPBU ini." jelas Deru.(SP/ Jati Purwanti)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved