Breaking News:

Antisipasi Virus Corona

Seluruh Stasiun LRT Sumsel Disemprot Desinfektan

PT KAI bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan bersih-bersih stasiun LRT dengan desinfektan.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
LINDA TRISNAWATI
Bersih-bersih stasiun LRT dengan desinfektan, Rabu (18/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - PT KAI bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan bersih-bersih stasiun LRT dengan desinfektan.

"Penyemprotan desinfektan di stasiun ini akan dilakukan secara bertahap di 12 stasiun," kata Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Rosita, Rabu (18/3/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, jadwal penyemprotan desinfektan ini dilakukan selama tiga hari ke depan dimulai hari ini. Untuk hari Rabu (18/3) yang akan dibersihkan di Stasiun Bandara, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Bumi Sriwijaya, Stasiun Ampera dan Stasiun DJKA.

Lalu pada hari Kamis (19/3) di Stasiun Punti Kayu, Stasiun RSUD, Stasiun Garuda Dempo, Stasiun Demang dan Stasiun Dishub.

Kemudian pada hari Jumat (20/3) di Stasiun Cinde, Stasiun Polresta dan Stasiun Jakabaring.

Penyemprotan dilakukan dititik - titik yang rentan menyebabkan penularan virus diantaranya kursi, tempat pegangan, toilet, lift, loket, eskalator, gate dan lain-lain.

"Meskipun Stasun LRT disemprot desinfektan, namun perjalanan LRT tetap seperti biasa dan tidak terganggu. Jadi perlu kami infokan bahwa LRT Sumsel beroperasi seperti biasa," cetusnya.

Sementara itu Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, selama ini proses pembersihan stasiun dan kereta api telah menggunakan cairan yang mengandung desinfektan. Akan tetapi untuk antisipasi virus corona ini perlu dilakukan penyemprotan desinfektan secara ekstra.

"Kami berharap dengan upaya yang dilakukan ini para penumpang menjadi lebih nyaman dan tidak perlu merasa kawatir saat berada di Stasiun maupun didalam kereta api. Bahkan PT KAI telah menyediakan layanan kesehatan di sejumlah stasiun," katanya.

Aida juga mengatakan, untuk mencegah virus corona, PT KAI juga melakukan penyemprotan desinfektan di Stasiun Penumpang Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Stasiun Lubuk Linggau dan Stasiun LRT Sumsel.

Selain itu penyemprotan juga dilakukan di seluruh kereta diantaranya Kereta Sriwijaya, Sindang Marga, Rajabasa, Serelo serta LRT Sumsel.

Sementara itu Manager Operasi dan Komersial LRT Sumsel Sri Miyanto menambahkan, langkah preventif telah diambil untuk menanggulangi penyebaran virus corona dengan memberlakukan larangan naik KA bagi calon penumpang yang terindetifikasi suspect virus Covid-19.

"Jadi calon penumpang yang akan naik LRT di cek dulu suhu tubuhnya. Jika pada saat pengecekan suhu badan calon penumpang mencapai 38 derajat celcius ke atas maka akan di periksa dulu oleh petugas kesehatan," bebernya.

Jika setelah di cek lebih lanjut suhunya memang di atas 38 derajat celcius dan atas rekomendasi petugas kesehatan, maka calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan. Kemudian pihak KAI akan mengembalikan penuh bea pemesanan tiket.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved