Sekarang 50 Persen Dana BOS Boleh Dibayarkan Untuk Honorer

Mulai tahun 2020, Dana Operasional Sekolah (BOS) diperbolehkan dibayarkan untuk gaji honorer sebesar 50 persen.

Sekarang 50 Persen Dana BOS Boleh Dibayarkan Untuk Honorer
ARDANI
Kadiknas Irawan Supnidi 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Mulai tahun 2020, Dana Operasional Sekolah (BOS) diperbolehkan dibayarkan untuk gaji honorer sebesar 50 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim Irawan Supmidi usai audiensi Guru dan Tenaga Pendidikan Honorer Non Kategori (GTKHN) K+35 Kabupaten Muaraenim diruang rapat Serasan Sekundang Muaraenim, Kamis (13/2/2020).

"Ini sesuai dengan petunjuk dan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang menaikkan porsi alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Irawan, Kemendikbud hanya memperbolehkan sekolah menggunakan 15 persen dana BOS untuk pembiayaan guru honorer.

Ke depan, dengan alokasi yang sudah ditambahkan, pembayaran guru honorer dengan menggunakan dana BOS dapat dilakukan dengan beberapa persyaratan yakni, guru yang bersangkutan sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Selain itu belum memiliki sertifikasi pendidik, serta sudah tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebelum 31 Desember 2019.

“Saya sangat setuju akan langkah pemerintah tersebut untuk memperbaiki kesejahteraan guru-guru honorer yang telah berdedikasi selama ini,” jelas Irawan.

Selama ini, sambung Irawan, gaji guru dan pegawai honorer gajiannya itu per triwulan melalui Dana BOS maupun yang APBD dan biasanya diakhir bulan ketiga sehingga agak menganggu operasional sekolah. Dan mudah-mudahan dengan ada perubahan pada tahun 2020, pencairan bisa dipercepat.

Kalau di Kabupaten Muaraenim guru yang menjadi honor daerah mereka dibayar dengan dana APBD dalam bentuk gaji Tunjangan Harian Lepas (THL) yang sebulannya Rp 900 ribu per bulan. Sedangkan yang honorer sekolah gajinya dibayar melalui dana BOS. Untuk itu, pada tahun 2020 ini, honorer masih bisa dapat penghasilan lebih besar dari tahun sebelumnya karena 50 persen dana Bos boleh dibayarkan untuk kebutuhan tenaga honorer.(ari)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved