Wisata dan Kuliner

Rahasia Pempek MangDin Tetap Eksis, Pertahankan Cita Rasa Asli Palembang Selalu Pakai Ikan Gabus

Salah satu upaya agar usaha makanan khas Palembang ini tetap bisa tetap diminati pelakunya diantaranya dengan memiliki indentitas

Rahasia Pempek MangDin Tetap Eksis, Pertahankan Cita Rasa Asli Palembang Selalu Pakai Ikan Gabus
Tribun Sumsel/ Hartati
Mgs Agus Sarifuddin, owner resto Pempek Mangdin 679 Cabang kedua yang berada di Jalan Radial sebelah eks SPBU Radial. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Menjamurnya usaha pempek di semua sudut kota Palembang membuat pengusaha pempek harus putar otak agar bisa meraih dan mempertahankan eksistensinya sendiri.

Salah satu upaya agar usaha makanan khas Palembang ini tetap bisa tetap diminati pelakunya diantaranya dengan memiliki indentitas yang membedakan produk sejenis dari produk buatan toko lainnya.

Salah satunya yakni mempertahankan ciri dan cita rasa khas Palembang yakni dari bahan dasar olahan pempek yang terbuat dari ikan sungai.

"Pempek itu kan makanan khas Palembang dan ikan khas Palembang itu ikan sungai yakni Gabus, kalau ada yang buat dari ikan Tenggiri dan lainnya itu sudah modifikasi karena itu ikan laut," ujar Mgs Agus Sarifuddin, Owner Resto Pempek Mangdin 769 cabang II, Rabu (12/2/2020).

Pemkot Palembang Jadikan Rumah UKM di 24 Ilir Sebagai Sentra Pempek

Agus menceritakan, awalnya mengeluti usaha pempek dan oleh-oleh Palembang kerupuk juga kemplang merupakan suatu kebetulan saja.

Karena dulunya saat membuat pempek berawal dari ketidak sengajaan.

Rumah orangtuanya mang Din yang berlokasi di 1 Ulu dulu merupakan tempat singahnya pedagang yang berjualan dari sejumlah kawasan di hilir Palembang yakni Sungsang, jalur dan lainnya.

Sehingga saat usai pulang berjualan orangtuanya kerap mendapat ikan gabus gratis sisa pedagang yang tidak habis dijual.

Ikan gabus segar ini diberikan cuma-cuma karena pedagang enggan membawanya pulang karena berat dan harganya juga murah sehingga memilih diberikan saja.

Dari sinilah kemudian Mangdin membuat pempek untuk konsumsi sendiri.

Halaman
12
Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved