Spirit Bisnis

Tangan Kreatif Pemuda Lalan Muba Ubah Sisa Panen Jadi Camilan Sehat

Lewat tangan kreatif mereka, mampu mengolah produk camilan sehat yang berbahan baku dari sisa-sisa hasil panen petani di Lalan

Tangan Kreatif Pemuda Lalan Muba Ubah Sisa Panen Jadi Camilan Sehat
Sripo/ Fajeri
Ketua TP PKK Muba Thia Yufada bersama muda-mudi Kecamatan Lalan ketika mempromosikan camilan sehat asli Kecamatan Lalan berbahan sisa hasil panen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU-Jauh dari pusat kota dan berada di kawasan perairan tidak membuat para muda-mudi Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhenti berinovasi.

Lewat tangan kreatif mereka, mampu mengolah produk camilan sehat yang berbahan baku dari sisa-sisa hasil panen petani di Lalan.

Seperti yang dilakukan Ari Setiawan bersama anak-anak muda Lalan lainnya ini.

Mereka yang tergabung dalam Bunshin Indonesia mencoba merintis usaha penjualan cemilan sehat tersebut.

"Produknya yang mereka olah bisa menjadi bermacam-macam, ada keripik yang terbuat dari kulit pisang, abon dari pepaya, dan stik dilan yang terbuat dari talas yang semuanya berasal dari sisa hasil panen petani Lalan," ungkap Herryandi Sinulingga, Kepala Dinas kominfo Muba.

Ari Setiawan pun menjelaskan, bahwa awal mula dirinya bersama rekan-rekannya membuka usaha tersebut karena melihat sisa-sisa hasil panen petani di Lalan yang terbuang sia-sia.

"Dari sanalah kami mulai berpikir, bagaimana menjadikan sisa panen tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini produk-produk camilan sehat yang dipasarkan Bunshin Indonesia sudah menyebar di berbagai tokoh oleh-oleh di Palembang. Bunshin Indonesia sendiri sudah dirintis sejak tahun 2018 lalu.

"Tidak hanya di toko oleh-oleh Palembang, produk Bunshin Indonesia juga gencar mendapat pesanan dari online, dan Alhamdulillah kami sangat disupport oleh Pemkab Muba khususnya pak Bupati Dodi Reza dan ibu Ketua TP PKK Muba Thia Yufada," terangnya.

Untuk rencana ke depan, dirinya bersama muda-mudi Lalan lainnya yang menggeluti usaha Bunshin Indonesia akan terus berinovasi mencari ide baru untuk dikembangkan dan dipasarkan.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved