Siap-siap, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Akan Audit Dana BOS di Muratara

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dijadwalkan akan turun ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pada Februari 2020 mendatang.

Siap-siap, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Akan Audit Dana BOS di Muratara
Tribun Sumsel / Rahmat Aizullah
Rekonsiliasi data aset seluruh SD dan SMP se Kabupaten Muratara yang dilaksanakan selama sepekan. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Rahmat Aizullah

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dijadwalkan akan turun ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pada Februari 2020 mendatang.

BPK akan mengaudit aset di seluruh sekolah tingkat SD dan SMP yang dibeli menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Iya, nanti BPK turun bulan Februari, audit aset dana BOS," kata Kabid Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Muratara, Rizalludin, Jumat (17/1/2020).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggelar rekonsiliasi data aset seluruh SD dan SMP se Kabupaten Muratara yang dilaksanakan selama sepekan.

Rekonsiliasi dilakukan terhadap 123 SD dan 23 SMP dalam rangka mempersiapkan data aset belanja sekolah dari dana BOS tahun anggaran 2019.

"Dana BOS tahun 2019 sudah cair seratus persen, sudah dibelanjakan, jadi kita rekonsiliasi semuanya untuk laporan ke BPK," katanya.

Rizalludin tidak bisa memastikan bakal tak ada temuan BPK, namun pihaknya akan berupaya maksimal untuk melengkapi data sebagai laporan.

"Seandainya ada temuan BPK, misalnya dalam pembelian barang tidak sesuai dengan spek atau kekerurangan volume, maka harus mengembalikan kerugian negara," katanya

Ia berharap saat pemeriksaan BPK nanti tidak ada temuan, karena hal itu dapat berpengaruh terhadap opini BPK mengenai kewajaran informasi keuangan.

"Tahun sebelumnya kita dapat wajar tanpa pengecualian (WTP). Nah, kalau ini ada temuan tentu akan berpengaruh juga," katanya. (cr14)
Area lampiran

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved