Sumsel Siaga Bencana

Siagakan 1000 Personel Antisipasi Bencana, BPBD Fokus di Pagaralam Lahat Empatlawang dan OKUS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel hari ini menggelar rapat bersama Basarnas, Polda, Lanal dan Korem 044 Gapo.

Siagakan 1000 Personel Antisipasi Bencana, BPBD Fokus di Pagaralam Lahat Empatlawang dan OKUS
PAHMI/TRIBUNSUMSEL
BPBD Sumsel. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel hari ini menggelar rapat bersama Basarnas, Polda, Lanal dan Korem 044 Gapo.

Rapat yang diadakan Jumat (10/1/20) pukul 09.00 Wib di kantor BPBD Sumsel membahas mengenai koordinasi persiapan apel, kesiapan siaga personil dan peralatan penanggulangan bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor.

Sehubungan dengan rapat ini, BPBD Sumsel rencananya akan menggelar apel personil dan peralatan, yang akan diadakan tanggal 14/1/20 di Griya Agung Palembang dengan komandan upacara dipimpin dari Polda Sumsel.

Dalam pembahasan rapat mengenai penanggulangan bencana di Sumsel, tempat-tempat yang difokuskan pada titik rawan bencana yaitu pagaralam, Lahat, EmpatLawang dan Oku Selatan.

Untuk di Kota Palembang tidak terlalu difokuskan karena curah hujan lebat tidak begitu mengakibatkan banjir yang besar tapi tetap siap siaga jika sewaktu-waktu terjadinya bencana.

BPBD sumsel menyiapakan 1000 pasukan dari steakholder yang terkait diantaranya Polri, Basarnas dan TNI. Juga menyiapakan beberapa tenaga medis dari Palang Merah Indonesia PMI.

Aksoni, Kabid Rehabilitasi Rekrontruksi BPBD Sumsel, megatakan alat berat yang disiapkan semuanya sudah siaga diantara nya ada Beko, Speadboat dan excavator. "Jadi sewaktu-waktu ada bencana kita sudah siap," katanya.

Ia menambahkan kendala dalam penyampaian informasi kepada masyarakat adalah karena jauhnya daerah tersebut. Seperti Pagaralam, butuh waktu untuk memberi tahu berapa tingginya air.

"Jauhnya daerah tersebut membutuhkan waktu bagi kita untuk menyampaikan misalnya soal tingginya debit air," ujarnya.

Penulis: Pahmi Ramadan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved