Operasi Lilin Musi 2019 di Muratara, Siap Amankan Natal dan Pergantian Tahun

Tim terpadu terdiri dari Polri, TNI dan Pemda laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Musi 2019 di halaman kantor Bupati Musi Rawas Utara

Operasi Lilin Musi 2019 di Muratara, Siap Amankan Natal dan Pergantian Tahun
Foto : Tribun Sumsel / Rahmat Aizullah
  Dandim 0406 Musirawas-Lubuklinggau-Muratara (MLM) Letkol Inf M A’an Setiawan, Bupati Muratara Syarif Hidayat dan Kapolres Muratara AKBP Adhi Witanto. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Rahmat Aizullah

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Tim terpadu terdiri dari Polri, TNI dan Pemda laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Musi 2019 di halaman kantor Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (19/12/2019).

Apel dipimpin Kapolres Muratara, AKBP Adhi Witanto dan Dandim 0406 Musirawas-Lubuklinggau-Muratara (MLM), Letkol Inf M A’an Setiawan, serta dihadiri Bupati Muratara, Syarif Hidayat.

Kapolres Muratara, AKBP Adhi Witanto menyampaikan, apel gelar pasukan Operasi Lilin Musi 2019 ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan hari raya Natal dan pergantian tahun 2019 ke 2020.

"Apel ini kita mensiapsiagakan personil, peralatan, sarana dan prasarana dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru," kata Adhi Witanto.

Operasi Lilin Musi 2019 di Kabupaten Muratara ini akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Dalam operasi ini menurunkan sebanyak 100 personil Polri, 30 personil TNI, dan dibantu dari instansi terkait Pemkab Muratara seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

"Kita bekerjasama, ada jajaran TNI, Polri dan pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan. Tim terpadu ini akan memberikan pelayan dan pengamanan," katanya.

Adapun sasaran dari operasi ini sendiri kata Adhi Witanto antara lain tempat ibadah umat Nasrani saat merayakan Natal, tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan maupun objek wisata.

Selain itu, personil juga memberikan pengamanan dan pelayanan di sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum), mengingat Kabupaten Muratara dilintasi.

"Iya, terkhusus karena Kabupaten Muratara dilintasi Jalinsum, banyak orang melewati jalan negara ini dari berbagai daerah. Nanti personil ada di tempat-tempat rawan lakalantas dan kemacetan," ujarnya.

Dandim 0406 Musirawas-Lubuklinggau-Muratara (MLM), Letkol Inf M A’an Setiawan menambahkan, anggota TNI telah disiapkan untuk membantu Polri dalam pengamanan Natal dan pergantian tahun 2019 ke 2020.

"Sesuai amanat undang-undang, tugas kita TNI membantu tugas Polri dan juga pemerintah. Kebetulan bulan ini kita membantu dan mendukung Polri mengamankan Natal dan tahun baru," katanya.

Selama operasi ini, personil di lapangan mengedepankan tindakan preentif dan preventif, serta didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi dengan penegakan hukum secara tegas dan profesional.

"Harapan kita seluruh masyarakat Kabupaten Muratara aman dan nyaman, baik masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Natal maupun masyarakat yang akan liburan akhir tahun," katanya. (cr14)

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved