Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Hitung-hitungan Keterpilihan Perempuan di Pilkada Serentak 2020, Ini Analisis Perludem

Saat perempuan diberi kesempatan, mereka punya daya tahan yang sama baiknya untuk memenangi pemilihan.

Tribunnews.com/Amriyono Prakoso
Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Perkumpulan untuk Permilu dan Demokrasi (Perludem) menilai, peluang keterpilihan perempuan makin baik dari perjalanan Pilkada ke Pilkada selama ini.

Meski jauh dari target, menurut Direktur Perludem Titi Anggraini, saat ini di Indonesia ada sudah ada 1 Gubernur perempuan (Jatim) dan 3 wakil gubernur perempuan (Lampung, NTB, Sulbar), dan belum tingkat Kabupaten/ kota.

"Di Pilkada tidak ada kebijakan afirmasi bagi perempuan, pertarungannya benar-benar bebas. Perempuan harus bersaing penuh dengan semua kader partai."

"Sehingga, pertimbangan partai semata pada elektabilitas, dan kemampuan calon untuk memenangi kompetisi," kata Titi, Minggu (7/12/2019).

Diungkapkan Titi, modal tentu juga jadi pertimbangan.

Partai Golkar Anggap Mantan Napi Korupsi Berhak Maju Pilkada

Namun saat perempuan diberi kesempatan, mereka punya daya tahan yang sama baiknya untuk memenangi pemilihan.

"Maka yang diperlukan, adalah itikad baik partai untuk mau memberi kesempatan perempuan maju, dan bertarung di kontastasi pilkada," ucapnya.

Ditambahkan wanita asal Sumsel yang sering jadi narsum di tingkat nasional ini, pencalonan Pilkada harus diakui lebih berat daripada pencalonan pemilu legislatif.

Selain tidak ada kebijakan afirmasi 30 persen keterwakilan perempuan, kursi yang diperebutkan di pilkada juga, sangat sedikit.
Hanya dua posisi di setiap daerah, kepala dan wakil kepala daerah.

"Belum lagi tiket pencalonan yang harus diperoleh berjenjang, bahkan sampai ke tingkat DPP. Tidak mungkin tanpa rekomendasi pengurus pusat."

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved