Karhutla 2019

Korem 044 Gopo Kirim 200 Personel Bantu Tim Satgas Padamkan Karhutla di OKI

Korem 044 Gapo berinisiatif untuk mengirim 200 prajurit guna membantu pemadaman hot spot di wilayah OKI.

Korem 044 Gopo Kirim 200 Personel Bantu Tim Satgas Padamkan Karhutla di OKI
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Kasi Ops korem 044/Gapo Mayor Kav Delvi ketika memberikan pengarahan kepada prajurit yang dikerahkan ke OKI, Minggu (10/11/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Korem 044 Gapo berinisiatif untuk mengirim 200 prajurit guna membantu pemadaman hot spot di wilayah OKI.

Sebanyak 200 prajurit ini, nantinya akan bergabung dengan satgas karhutla yang sudah ada di sana.

Danrem 044 Gapo Kolonel Arh Sonny S melalui Kasi Ops korem 044 Gapo Mayor Kav Delvi menuturkan, pasukan yang berjumlah 200 personil akan disebar ke lima kecamatam yang mencakup 23 desa di wilayah OKI.

"Pertimbangan kami dalam penebalan pasukan ini, berdasarkan pantauan perkembangan hotspot yang terjadi, titik titik yang menjadi desa ditempatkannya pasukan ini masih terdapat hot spot yang banyak. Memang desa yang banyak titik hot spotnya dominan rawa gambut," katanya, Minggu (10/11/2019).

Penambahan ini juga, dikarenakan berdasarkan prediksi BMKG Sumsel bila hujan kemungkinan kecil untuk turun.

Gubernur Herman Deru Doakan Pasien Bibir Sumbing Ini Enteng Jodoh

Maka dari itulah, Korem 044 Gapo memutuskan untuk menambah prajurit, mengerahkan semua pasukan darat dan perlengkapan guna melakukan pemadaman.

200 prajurit ini akan di sebar ke wilayah desa Kedaton, Cinta Jaya, Kota Bumi, Tanjubg Beringin, Cengal, Sungai Jeruju, Ulak Kedondong, Gajah Mati, Simpang Tiga, Karang Sia, Riding, Perigi, Gajah Mukti, Pangkalan Beruang, Lebung Itan, Sungai Ceper, Sungai Ketupak, Harapan Jaya, Ulak Kapal, Lingkis, Sungutan, Air Rumbai, dan Tulung Keluang.

Sebelum pemberangkatan, pengecek kesiapan jumlah personil dan kelengkapan yang dibutuhkan pasukan darat ini juga dilakukan.

Semua pasukan duberangkatkan menuju Kodim 0402 OKI. Nantinya, prajurit ini mendapatkan penjelasan situasi terakhir tentang wilayah penempatan masing-masing.

Kabupaten OKI Penyumbang Hot Spot Terbanyak Selama 8 Bulan Terakhir

Selain itu, mendapatkan penjelasan seputaran permasalahan karhutla yang ada di lapangan.

Agar pasukan tahu dan paham apa yang akan dilaksanakan dilapangan untuk memadamkan karhutla.

"Prajurit ini kami tarik dari kodim-kodim yang wilayahnya sudah aman dari bahaya karhutla serta tambahan dari anggota Batalyon Infantri 141/AYJP. Besar harapan kami, dengan penebalan pasukan ini nantinya akan lebih mengefektifkan pemadaman api dan asap di lokasi yang berdampak Karhutla," pungkasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved