Direktorat Narkoba Polda Sumsel Periksa Pengguna Sabu dengan Tes Air Liur

Pemeriksaan pengguna narkoba biasanya tes dengan menggunakan urine namun kali ini Direktorat Narkoba Polda Sumsel mengenalkan cara baru

Direktorat Narkoba Polda Sumsel Periksa Pengguna Sabu dengan Tes Air Liur
HARIS WIDODO
Tes narkoba dengan air liur. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemeriksaan pengguna narkoba biasanya tes dengan menggunakan urine namun kali ini Direktorat Narkoba Polda Sumsel mengenalkan cara baru yaitu menggunakan air liur atau air ludah (Saliva)

"Untuk lebih memudahkan kinerja kita dan pada saat dipemeriksa orangnya tak keluar masuk masuk toilet dan loncat-loncat. Kini kita gunakan alat yang namanya Rapid jadi si orangnya tinggal menjulurkan lidah, kita ambil air liurnya," ujar Direktur Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman kepada Sripoku.com, Jumat (8/11/2019)

Alat Rapid ini sistem pemeriksaannya sama seperti tes pack hasilnya bergaris satu negatif dan bila hasilnya positif bergaris dua.

"Alat tersebut dapat mendeteksi ekstasi ganja dan sabu. Dan Rapid akan diterapkan pada tahun ini," katanya

Ia menuturkan alat tersebut juga akan dioperasikan di tempat hiburan malam dan cafe - cafe yang ada di kota Palembang

"Tempat hiburan malam dan cafe - cafe kita juga akan sosialisasikan dan ini baru pertama kali kita lakukan door to door. Sebelumnya juga sudah dilakukan pendekatan kepada pihak tempat hiburan malam," Kombes Pol Farman.

Direktur Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman saat memprektekan cara penggunaan Rapid lewat Saliva (Air Liur) di The Venus, Jumat (8/11/2019)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved