Bentuk STNK Nantinya Akan Sama Seperti SIM

Korlantas Polri, sudah melaksanakan FGD untuk membahas modernisasi bentuk STNK.

Bentuk STNK Nantinya Akan Sama Seperti SIM
M ARDIANSYAH/TRIBUNSUMSEL.COM
Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Korlantas Polri, sudah melaksanakan FGD untuk membahas modernisasi bentuk STNK.

Bila bentuk STNK yang selama ini berbahan kertas dan panjang, nantinya bentuk STNK akan diubah bentuknya sama seperti SIM.

Sehingga, STNK nantinya juga akan berubah menjadi Smart STNK yang memuat data pemilik dan kendaraan.

Menurut Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro, memang saat ini sedang ramai diperbincangkan mengenai bentuk STNK yang akan diubah dari kertas menjadi seperti kartu smart.

Sebenarnya, ini bukan lagi wacana tetapi sudah dalam tahap pembahasan untuk menyempurnakan smart STNK sebelum di luncurkan.

"Nantinya, di dalam kartu Smart STNK ini ada chip di dalamnya yang akan memuat data pemilik kendaraan maupun kendaraan itu sendiri. Bentuk seperti karti hampir mirip dengan SIM," ujarnya.

Untuk saat ini, perubahan bentuk STNK terus digodok. Tinggal lagi, untuk mengkombain antara STNK yang dikeluarkan Polri dengan Notes pajak yang dikeluarkan pemerintah daerah.

Apakah nantinya, dalam satu kartu tidak hanya berisikan data pemilik dan kendaraan saja, tetapi berisi juga Notes pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Atau nantinya, akan ada dua kartu yang dikeluarkan baik itu Smart STNK dan Notes pembayaran pajak kendaraan.

"Itu yang saat ini masih dikaji kembali, sebelum diluncurkan. Apakah ada dua kartu sekaligus atau memang satu kartu tetapi semua data baik data pemilik, data kendaraan dan notes pajak ada di satu kartu. Kami masih menunggu itu," katanya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved