Berita Lahat

Minim Fasilitas MCK, Lahat Jadi Kabupaten Miskin Ketiga di Sumsel

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat menjadi kabupaten termiskin nomor tiga di Sumatra Selatan (Sumsel)

Minim Fasilitas MCK, Lahat Jadi Kabupaten Miskin Ketiga di Sumsel
Sripo/ Ehdi Amin
Sekda Lahat, Januarsyah Hambali saat pimpin rapat koordinasi dan evaluasi kinerja, di opsroom Pemda Lahat, Kamis (17/10/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat menjadi kabupaten termiskin nomor tiga di Sumatra Selatan (Sumsel).

Faktor utama penyebab kemiskinan ini adalah fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang belum memadai.

Gara gara MCK, kabupaten berjuluk Bumi Seganti Setungguan ditetapkan sebagai kabupaten termiskin ketiga dari 17 kabupaten Kota di Sumsel.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Januarysah Hambali mengatakan, Lahat memiliki indikator miskin akibat belum meratanya keberadaan MCK yang tersebar hingga ke desa-desa.

Guru Didiga Aniaya Siswa: Saya Tidak Menganiaya, Dia Bilang Kata Tak Pantas Lalu Diperingatkan

"Kita ini tidak miskin. Tapi indikator miskin di kita ada," ungkapnya disela sela rapat koordinasi evaluasi kinerja tahun 2019 dan pembahasan rencana program Pemkab Lahat tahun anggaran 2020.

Maka dari itu, Januarysah meminta instansi terkait dapat membuat program mengenai keberadaan MCK serta mengevaluasi dan mengatasi permsalahan tersebut sehingga pada tahun 2020 mendatang masalah kemiskinan dapat dituntaskan.

"Programkan itu. Dinas PU Perkim cari program di pusat untuk membantu, jangan pakai APBD semua," tegasnya, Kamis (17/10/2019).

Hasil Visum Tewasnya Mahasiswa Palembang Saat Diksar Menwa : Kemaluan Diduga Kena Benda Tumpul

Januarsyah juga meminta kepada seluruh Camat di Kabupaten Lahat, agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat. Tentang pentingnya keberadaan MCK.

"Camat tolong di bantu. Sosialisasika. Kepada masyarakat agar membuat MCK,"pintanya. (SP/ Ehdi Amin)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved