Jaring Kader Potensial di Pilkada, PKB Bentuk Tim Bersama Nahdatul Ulama

Jelang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak 7 Kabupaten di Sumsel 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jelang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak 7 Kabupaten di Sumsel 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjaring calon-calon kepala daerah dari unsur kader PKB maupun Nahdatul Ulama.

Dalam penjaringan tersebut, PKB akan melibatkan Pengurus Cabang NU (PCNU) setempat. Mengingat NU merupakan organisasi pendiri PKB.

"PKB Sumsel telah melakukan rapat bersama PWNU Sumsel dan PCNU 7 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada. Kami, akan membentuk tim bersama PCNU masing- masing Kabupaten dan bisa disebut tim 5," kata Ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan didampingi Sekretaris Nasrul Halim di DPW PKB Sumsel, Minggu (13/10/2019) malam.

Menurut Ramlan, tim bersama itu nantinya, selain melakukan penjaringan juga akan dimaksimalkan pada tim pemenangan.

"Jadi penjaringan nantu diprioritaskan dari NU maupun partai (PKB). Namun tidak menutup kemungkinan juga, kader dari luar yang diusung," bebernya.

Dijelaskan mantan anggota DPRD Sumsel ini, dari 7 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada nanti, beberapa daerah akan jadi prioritas dan kans potensi menang, mengingat terdapat basis NU selama ini.

Seperti di OKU Timur, yang pada Pileg lalu meraih 6 kursi di DPRD setempat, dan Musi Rawas (Mura) berhasil meraih 3 kursi.

"Di OKU Timur ada nama Nilawati yang merupakan wakil ketua DPW PKB Sumsel, sekaligus anggota DPRD Sumsel dari Dapil OKU Timur. Serta Ketua PCNU OKU Timur Gus Hafif Afipul Ikwan. Sedangkan di Mura masih digodok, dan minta dilakukan konvensi," tuturnya.

Selain itu, kader potensial lainnya terdapat di Kabupaten OI, yaitu Nahrowi yang merupakan ketua DPC PKB merangkap ketua PCNU dan mantan Sekda OI.

"Termasuk di OKU Selatan kita ada kader NU, yang saat ini menjabat ketua PCNU sskaligus wabup Solekhan," tandasnya.

Sekretaris DPW PKB Sumsel Nasrullah Halim menambahkan, jika berkaca dari Pilkada serentak 2018 lalu di Sumsel yang bisa dibilang lumayan, pihaknya akan berusaha memaksimalkan dan meningkatkannya kembali di 2020.

Dimana dari 9 daerah Kabupaten/ kota plus Provinsi, pihaknya berhasila menang di 6 daerah, yang terdapat kader PKB 2 orang yaitu di Pagar Alam (Walikota) dan Muara Enim (Wabup sekarang Plt Bupati).

"Target jelas bisa dapat semua. Kita akan tetap lakukan pola- pola seperti Pilkada 2018 itu, dimana komponen unsur NU jadi tim pemenangan. Insyallah ada kekuatan disitu," pungkasnya.

Ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan (kanan) didampingi Sekretaris DPW Nasrul Halim.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved