Pilkada Serentak Sumsel 2020

KPU RI Berencana Gunakan e- Rekapitulasi di Pilkada 2020, Bagaimana Kesiapan KPU Sumsel?

KPU RI berencana menggunakan sistem e-rakapitulasi perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020

KPU RI Berencana Gunakan e- Rekapitulasi di Pilkada 2020, Bagaimana Kesiapan KPU Sumsel?
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-KPU RI berencana menggunakan sistem e-rakapitulasi perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

KPU Sumsel sampai sekarang masih menunggu keputusan pusat terkait perkembangan rencana itu.

Penerapan e-rekapitulasi tentu akan berpengaruh dari kesiapan anggaran untuk perangkat infastruktur pendukung.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, wacana penggunaan sistem baru tersebut dalam upaya meminimalisir upaya manipulasi atau penggelembungan suara di Pilkada serentak 2020.

"Kalau bicara siap atau tidak diimplementasikan pada gelaran Pilkada Serentak tahun depan belum tahu. Yang pasti itu bukan lagi sekedar wacana tapi sudah ada persiapan hingga kajian teknisnya di pusat," kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana.

Sosok Yuliana dan Yeni Risnawati, Dua Tokoh Perempuan Berniat Ikut Pilkada Muratara 2020

Ia menjelaskan, ada beberapa keunggulan penggunaan e-rekap dibandingkan dengan hitung manual seperti yang dilakukan selama pelaksanaan pilkada serentak.

Salah satunya, dapat meminimalisir sekecil mungkin terjadinya salah input data sekaligus menekan praktik curang yang kerap kali dilakukan oknum penyelenggara Pemilu mulai di tingkatan Petugas Pemungutan Suara (PPS), PPK sekalipun.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, diharapkan pada Februari atau Maret 2020 sudah ada keputusan apakan e-rekapitulasi diterapkan pada Pemilu 2020.

Ketua KPU Arif Budiman mengatakan, agar keputusan tersebut tercapai, maka akhir 2019 ini kajian mulai dari perangkat hukum, aturan, dan model yang akan digunakan bisa selesai.

Dapat Hibah Rp 28 Miliar, KPU Muratara Siap Laksanakan Pilkada 2020

"Targetnya, Februari/Maret 2020 kita harus sudah simpulkan, e-rekapitualsi diimplementasikan atau tidak," kata Arif saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertajuk penerapan e-rekapitulasi di negara lain.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved