Pilkada Muratara 2020

Dapat Hibah Rp 28 Miliar, KPU Muratara Siap Laksanakan Pilkada 2020

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menghibahkan dana sebesar Rp 28 miliar untuk menyelenggarakan Pilkada 2020.

Dapat Hibah Rp 28 Miliar, KPU Muratara Siap Laksanakan Pilkada 2020
Tribun Sumsel/ Rahmat Aizullah
Kantor Pemkab Muratara di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menghibahkan dana sebesar Rp 28 miliar untuk menyelenggarakan Pilkada 2020.

Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muratara sepakat dan telah menandatangani Naskah Kesepakatan Hibah Daerah (NPHD) tersebut.

Penganggaran belanja Pilkada 2020 ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muratara.

Hal ini telah diatur dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota yang bersumber dari APBD.

Ketua KPU Muratara, Agus Maryanto menyatakan, dengan penandatangan NPHD tersebut, maka Kabupaten Muratara siap melaksanakan Pilkada 2020.

Kisruh Demokrat Muratara, Sukri Alkap dan Amri Sudaryono Saling Klaim Jabat Wakil Ketua DPRD

"Dengan dana Rp 28 miliar ini kami akan berusaha melaksanakan amanah yang telah diberikan," kata Agus Mariyanto kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, banyak daerah di Indonesia belum memastikan kesiapannya terkait pelaksanaan Pilkada serentak, karena tersandung masalah anggaran.

"Khusus di Sumsel saja ada beberapa daerah yang terancam tertunda melaksanakan Pilkada, karena kendala anggaran," katanya.

Agus mengungkapkan, sebelumnya KPU Kabupaten Muratara mengajukan dana sebesar Rp 33 miliar untuk menyelenggarakan Pilkada 2020 di Muratara.

Akan tetapi setelah dilakukan pembahasan dan rapat koordinasi bersama Pemkab dan DPRD Kabupaten Muratara akhirnya disetujui sebesar Rp 28 miliar.

DPD Demokrat Sumsel Protes Keras Usulan Pimpinan DPRD PALI, Ini Pasalnya

"Kami optimis bisa melaksanakan Pilkada dengan maksimal. Kami meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar Pilkada di Muratara sukses," pintanya.

Sementara Bupati Muratara, Syarif Hidayat mengatakan, sebenarnya Pemkab hendak memaksimalkan hibah anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Muratara.

Namun karena adanya keterbatasan anggaran, sehingga Pemkab dan DPRD Muratara sepakat memberikan hibah kepada KPU yang disepakati sebesar Rp 28 miliar.

"Kami harap dana itu bisa digunakan semaksimal mungkin. Maaf kami tidak bisa mengakomodir secara keseluruhan karena keterbatasan anggaran," katanya.

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved