Demonstrasi Mahasiswa

Berbelasungkawa Tewasnya 2 Mahasiswa di Kendari, Mahasiswa Sumsel Nyalakan Lilin dan Doa Bersama

Aksi ini digelar sebagai ungkapan bentuk solidaritas sekaligus rasa berbelasungkawa atas tewasnya dua mahasiswa di Kendari

Berbelasungkawa Tewasnya 2 Mahasiswa di Kendari, Mahasiswa Sumsel Nyalakan Lilin dan Doa Bersama
Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini
Ratusan massa Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Selatan menggelar doa bersama dan menyalakan lilin tepat di Bundaran Air Mancur (BAM) depan masjid Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Selasa (1/10/2019) malam. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Suasana khidmat kental terasa saat ratusan massa yang mengatasnamakan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Selatan menggelar doa bersama dan menyalakan lilin tepat di Bundaran Air Mancur (BAM) Palembang, Selasa (1/10/2019) malam.

Aksi ini digelar sebagai ungkapan bentuk solidaritas sekaligus rasa berbelasungkawa atas tewasnya dua mahasiswa di Kendari Imawan Randi (21 tahun) dan Muhammad Yusuf Kardawi (19 tahun).

Keduanya merupakan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) kota Kendari Sulawesi Tenggara yang tewas saat aksi demo menolak sejumlah UU kontroversial.

Koordinasi aksi, Radian Ramadhani mengatakan, aksi ini juga sekaligus ungkapan kekecewaan terhadap kekerasan dari aparat ke mahasiswa yang turun ke jalan guna menyuarakan aspirasi suara rakyat.

62 Mahasiswa Sumsel Luka-luka Dalam Aksi 24 September, Ini Pernyataan Sikap Aliansi Sumsel Melawan

"Demokrasi adalah hal suci di negara kita. Namun ternodai dengan adanya aksi kekerasan ke mahasiswa hingga akhirnya jatuh korban jiwa."

"Untuk itu, kami melakukan aksi solidaritas sekaligus aksi damai sebagai bentuk bela sungkawa atas jatuhnya korban yang merupakan rekan kami sesama mahasiswa,"ujarnya.

Dalam aksi solidaritas ini, ratusan massa membuat lingkaran persis di depan BAM.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Yasin yang ditujukan kepada almarhum Imawan Randi dan Muh Yusuf Kardawi.

Kapolresta Palembang Pimpin Langsung Pengamanan Demo Mahasiswa di Bundaran Air Mancur

Kemudian mahasiswa semakin merekatkan barisannya, saling merangkul satu sama lain dan mengelilingi lilin yang dibentuk dengan huruf 'SOS'.

Mereka juga menyanyikan lagu gugur bunga, darah juang dan lagu-lagu berkabung lainnya yang ditujukan bagi almarhum Imawan Randi dan Muh Yusuf Kardawi.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved