Pemprov Sumsel Gandeng ICON+ Luncurkan Program Internet Masuk Desa, Akan Dilaunching Jokowi

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Ada 34 desa di Sumatra Selatan (Sumsel) menjadi percontohan program internet masuk desa

Pemprov Sumsel Gandeng ICON+ Luncurkan Program Internet Masuk Desa, Akan Dilaunching Jokowi
Sripo/ Rahmaliyah
Anindita Eka Wibisono, Direktur Keuangan dan SDM ICON+ didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Andi Rizwan (kanan), Rabu (25/9/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Ada 34 desa di Sumatra Selatan (Sumsel) menjadi percontohan program internet masuk desa.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencanangkan program penyediaan fasilitas internet masuk desa di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru, mengatakan, program yang ia inisiasi tersebut rencananya akan dilaunching bersamaan dengan peresmian Tol Terbanggi Besar-Kayuagung pada 10 Oktober 2019.

"Rencananya seperti itu, harapan saya dengan adanya fasilitas internet masuk desa, dimana pun ada kabel milik PLN masyarakat desa di Sumsel bisa menikmati fasilitas ini," katanya, Rabu (25/9/2019).

Lanjut Deru, dirinya sudah punya target sendiri di luar Diskominfo untuk menyediakan fasilitas internet masuk desa bagi seluruh masyarakat.

Karena itu ia langsung menyatakan ketertarikannya untuk melakukan percepatan kerjasama dengan ICON+ yang merupakan anak perusahaan PT PLN Persero yang diklaim dapat menyediakan jaringan hingga ke pelosok Sumsel.

"Intinya ICON+ punya sudah punga jaringan (hingga ke pelosok) tersendiri kan. Sama jaringan listrik PLN. Nah artinya ini sesuai dengan target saya dan kita siap bekerjasama," tegas Gubernur.

Selain berorientasi pada profit, kerjasama jni juga diharapkan memberikan benefit bagi Pemprov Sumsel karena bisa merelalisasikan internet masuk desa secepatnya.

Minimal internet di pusat-pusat pelayanan publik seperti pasar, sekolah dan lainnya.

Dengan jaringan ICON+ plus yang sama kekuatannya dengan jaringan listrik yang dimiliki PLN Herman Deru optimistis kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Soal kepercayaan yang ada pada ICON+ tentu semua paham. Makanya setelah ini saya ingin ada aksi nyata yang dirasakan masyarakat," ujarnya

Sementara itu, Anindita Eka Wibisono, Direktur Keuangan dan SDM ICON+ didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Andi Rizwan mengatakan, seluruh potensi pedesaan dapat dimaksimalkan dengan adanya internet masuk desa.

Karena, dengan adanya internet high speed masyarakat bisa menikmati akses pendidikan lebih baik, potensi ekonomi UMKM yang ada bisa lebih dikembangkan dan lain sebagainya.

"Sebagai anak perusahaan PLN, kita memberikan manfaat tambahan berupa penyediaan fasilitas jaringan internet ke desa-desa sama seperti PLN yang masuk dengan aliran kelistrikan," ujarnya.

"Jumlah 34 desa ini akan bertambah lagi ditahun-tahun berikutnya. Program yang diinisiasi gubernur sebagai terobosan, sebab selama ini skupnya masih dalam tingkat kabupaten," tambah Rizwan.(SP/ Rahmaliyah)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved