Info Haji

17 Agustus Jemaah Haji Palembang Mulai Tiba, Penjemput Diimbau Tertib

Untuk mematangkan persiapan dan memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji yang akan pulang ke tanah air maka

17 Agustus Jemaah Haji Palembang Mulai Tiba, Penjemput Diimbau Tertib
LINDA/TRIBUNSUMSEL.COM
Suasana rapat evaluasi sekaligus mempersiapkan masa pemulangan jamaah haji Debarkasi Palembang 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Untuk mematangkan persiapan dan memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji yang akan pulang ke tanah air maka, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang telah menggelar rapat pemantapan di Aula Pusat Informasi Haji Palembang.

"Masa pemulangan jamaah haji Debarkasi Palembang tahun 1440 H/2019 M akan dimulai pada 17 Agustus mendatang," ujar Kakanwil Kemenag Sumsel yang menjabat Ketua PPIH HM. Alfajri Zabidi, Rabu (14/8/2019).

Fajri dalam arahannya menjelaskan, proses pemulangan jamaah haji tahun ini tidak jauh berbeda dengan pemulangan haji tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pihaknya merasa perlu menggelar rapat guna menyamakan persepsi dan juga melakukan perbaikan serta inovasi dalam proses pemulangan jamaah debarkasi Palembang.

"Untuk pemulangan jamaah haji debarkasi Palembang kloter 1 asal Palembang dan OKU Timur dijadwalkan tiba di Bandara SMB II Palembang pukul 21.55," katanya

Menurut Fajri, seluruh kedatangan jamaah haji Debarkasi Palembang di Bandara SMB II tahun ini terjadwal malam hari pukul 22.00 sampai 23.00. Proses penurunan jamaah dan pemindahan jamaah dari pesawat ke dalam bus dan perjalanan ke asrama haji butuh waktu 90 sampai 120 menit.

Sedangkan untuk barang bagasi jamaah, proses penurunan sampai ke asrama haji butuh waktu sekitar 150 menit. Karenanya panitia dimintak mempersiapkan diri sebaik mungkin. Empat jam sebelum kedatangan jamaah, panitia sudah harus berada di asrama haji.

"Proses penerimaan kedatangan jamaah tetap dilaksanakan di Gedung Serbaguna Asrama Haji sebagaimana telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Fajri meminta seluruh panitia membantu mengarahkan dan menempatkan jamaah di dalam gedung serbaguna sesuai dengan rombongan masing-masing.

Di gedung serbaguna ini, panitia akan membagikan paspor langsung kepada jamaah. setelah mendapatkan paspor, baru jamaah dapat mengambil air zam-zam masing-masing lima liter dan mengambil tas bagasi.

Untuk mempercepat proses pembagian air zam-zam, panitia akan menyiapkan 10 meja konter pengambilan air zam-zam dengan teknis pembagian disesuaikan dengan masing-masing rombongan.

"Dalam hal ini kami berharap jamaah ataupun keluarga jamaah agar tetap tertib dan antri," himbaunya

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved