Berita Palembang

4 Tersangka Korupsi Tugu Tapal Batas Banyuasin-Palembang Ditahan

Empat tersangka dugaan tindak pidana korupsi tugu tapal batas Palembang-Banyuasin ditahan kejaksaan negeri (Kejari) kota Palembang, Rabu (17/7/2019)

4 Tersangka Korupsi Tugu Tapal Batas Banyuasin-Palembang Ditahan
Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini
Pelimpahan berkas tahap 2 oleh Sat Reserse Kriminal Polresta Palembang Unit Pidanan korupsi (Pidkor) ke Kejari Palembang, Rabu (17/7/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Empat tersangka dugaan tindak pidana korupsi tugu tapal batas Palembang-Banyuasin ditahan kejaksaan negeri (Kejari) kota Palembang, Rabu (17/7/2019).

Penahanan dilakukan setelah Kejari menerima pelimpahan berkas tahap 2 dari Sat Reserse Kriminal Polresta Palembang Unit Pidanan korupsi (Pidkor) Pimpinan Kanit Pidkor, Iptu Hamsal.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Palembang Andi Andri Utama melalui Kasubsi Penuntutan Hendy membenarkan adanya penahanan tersebut.

Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu tersangka saat ini menjabat sebagai salah seorang Kepala Sesi (Kasi) dinas PU Cipta Karya (PUCK) kota Palembang.

Lokasi Muba Expo 2019 Dialihkan ke Lapangan Terminal Randik Sekayu

"Benar bahwa Kejari telah melakukan penahanan untuk Keempat tersangka yaitu AT, IC, AS dan KH. Dan diketahui bahwa KH merupakan salah satu kasi di PUCK,"ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Dikatakan Hendy, korupsi tugu tapal batas ini terindikasi menyimpang karena diduga terdapat kekurangan volume dalam pengerjaannya.

"Akibat perbuatan tersebut, diperkirakan para tersangka telah merugikan negara sekitar Rp 505 juta,"ucapnya.

Keempat tersangka itu akan dijerat dengan dengan pasal pasal 2,3 dan 9 no 20 Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi tentang undang-undang tindak pidana korupsi.

Gubernur Herman Deru: Lebih Baik Mencegah Daripada Mengadili

"Meskipun kami punya waktu 14 hari kedepan, namun sesegera mungkin akan kami lakukan pelimpahan perkara ini ke pengadilan,"ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Kanit Pidkor Polresta Palembang Iptu Hamsal mengatakan pembangunan tugu tapal batas Palembang-Banyuasin tersebut merupakan proyek APBD kota Palembang tahun 2013.

"Sebenarnya ada empat tugu, namun saat ini hanya ada dua yang terindikasi telah dikorupsi yaitu di perbatasan Palembang-Banyuasin dan Tanjung Api-api,"ungkapnya.

Maka dari itu, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi tugu tapal batas.

Sriwijaya FC Vs Persibat Batang Besok, Akbar Zakaria : Kami Sudah Move On

"Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus korupsi ini. Termasuk untuk tugu berbeda, karena prosesnya masih berjalan,"ujarnya.

Pantauan Tribunsumsel, keempat tersangka juga turut dibawa Sat Reserse Kriminal Polresta Palembang ke Kejari palembang.

Tanpa menggunakan baju atau rompi tahanan, para tersangka langsung berlalu meninggalkan awak media yang berusaha mendekati mereka.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved