Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Festival Burung Berkicau Muaraenim Berlangsung Meriah

Beragam kicauan Burung menjadi satu membuat suasana Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) dan Festival Burung Berkicau

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Festival Burung Berkicau Muaraenim Berlangsung Meriah
ISTIMEWA
Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Festival Burung Berkicau Muaraenim Berlangsung Meriah

TRIBUNSUMSEL.COM - Beragam kicauan Burung menjadi satu membuat suasana Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) dan Festival Burung Berkicau di Plaza GOR Pancasila Muara Enim, Minggu (7/7) menjadi sangat meriah dan berkesan.

Acara ini dihadiri langsung Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dan Wakil Bupati H Juarsah SH beserta Istri Hj. Nurhilyah Juarsah, Perwakilan Gubernur Sumatera Selatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Prov Sumsel Edwar SH MH, Perwakilan Bupati OKI dan Walikota Prabumulih, FKPD Kabupaten Muara Enim, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Perwakilan BUMN/D/S dan Ribuan Masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia secara Global diperingati setiap Tahun dan di Tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu Polusi Udara.

"WHO menyatakan setiap tahun 7 juta orang meninggal karena Polusi Udara," ujar Edwar saat membacakan sambutan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Ia juga mengatakan, "United National Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pulution) untuk peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ini karena tercatat di seluruh dunia bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah.

Sementara secara Nasional, digunakan tema relevansi yaitu “Biru Langitku, Hijau Bumiku” menggambarkan upaya mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau. Tambahnya.

Ia menegaskan, Mari kita jaga Bumi kita dengan mensukseskan Program Menanam 25 Pohon Seumur Hidup, sejak masa sekolah hingga menikah "Jagalah Alam, Maka Alam Akan Menjaga Kita".

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kami memberikan apresiasi dan penghargaan setingi-tingginya kepada Kabupaten Muara Enim yang terus berinovasi untuk lebih maju berkembang, salah satunya melalui Kegiatan Festival-festival seperti yang digelar pada hari ini, “Festival Burung Berkicau”. Semoga upaya yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai destinasi wisata kedepan. Tutupnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulliah semua rangkaian kegiatan untuk menyemarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mulai dari Lomba Puisi, Dongeng, Fotografi dan Fashion 3R dan kegiatan lainnya sampai dengan hari ini acara puncaknya pelepasan Satwa dan Lomba Burung Berkicau sudah kita laksanakan, untuk itu kegiatan ini jangan cuma dianggap sebagai simbolis saja tapi harus ditangkap Filosofi-filosofi yang terkandung didalamnya.

Ia menambahkan, Muara Enim sudah 13 kali mendapat Piala Adipura kategori kota kecil terbersih, untuk itu dimomen HLHS ini kita berharap ada perubahan perilaku hidup bersih dan juga secara psikologis kebiasaan masyarakat kita di rumah untuk membuang sampah pada tempatnya, bukan hanya untuk masyarakat saja tapi untuk seluruh stakeholder, mari bersama-sama kita laksanakan perubahan prilaku menuju Adipura yang sesungguhnya.

Lanjut Bupati, Festival Burung Berkicau ini merupakan salah satu Event Promosi Potensi Pariwisata Kabupaten Muara Enim dan sangat berdampak positif bagi para pelaku usaha ekonomi kerakyatan terbukti dengan banyaknya pengunjung dan peserta yang berasal dari berbagai Daerah bahkan dari luar Provinsi.

Saya berharap, kata Bupati semoga Festival Burung Berkicau yang merupakan salah satu rangkaian dari 25 Colorful Muara Enim Festival 2019 dapat bermanfaat dan berjalan dengan lancar serta dapat menjadi ajang silaturahim antar pecinta burung berkicau dan yang pastinya ditemukan burung-burung terbaik dari yang terbaik.(adv)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved