Berita Pagaralam

DPRD Rekomendasikan Pemkot Setop Izin Baru Pembangunan Minimarket Jaringan Nasional di Pagaralam

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM-Makin menjamurnya minimarket jaringan nasional dinilai dapat mengancam keberadaan warung-warung kecil di Kota Pagaralam

DPRD Rekomendasikan Pemkot Setop Izin Baru Pembangunan Minimarket Jaringan Nasional di Pagaralam
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Foto Ilustrasi Kota Pagaralam 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM-Makin menjamurnya minimarket jaringan nasional dinilai dapat mengancam keberadaan warung-warung kecil di Kota Pagaralam.

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam mengeluarkan rekomendasi kepada Walikota untuk setop keluarkan izin baru untuk Toserba dan minimarket dari luar daerah.

Saat ini sudah banyak toko ritel jaringan nasional yang berdiri di Kota Pagaralam.

Bahkan parahnya mereka membangun tidak jauh dari warung-warung kecil milik warga.  Akibatnya banyak usaha warung warga yang kalah bersaing.

Ketua Komisi II DPRD Kota Pagaralam Juliansi mengatakan, pihaknya menilai keberadaan Toserba ini secara langsung atau tidak langsung membuat konsumen yang berbelanja di warung-warung kecil menjadi berkurang.

40 KK dan Lahan SMP Terkena Pembebasan Pembangunan Flyover Prabumulih

"Ini dapat kita lihat dari keberadaan Toserba-toserba ini yang saling berdekatan atau dalam radius yang tidak terlalu jauh satu sama lain sehingga warung-warung kecil milik warga di lokasi yang sama menjadi sepi pembeli," ujarnya, Jumat (28/6/2019).

Keluhan datang dari para pemilik usaha warung kecil yang semakin sepi pembeli karena warga lebih memilih berbelanja di minimarket jaringan nasional.

"Mendapati keluhan ini kami melakukan pembahasan, diskusi serta mengevaluasi mengenai keberadaan Toserba-toserba," katanya.

Setelah melakukan pembahasa pihaknya berkesimpulan bahwa perlu mengeluarkan rekomendasi kepada Walikota Pagaralam untuk menghentikan mengeluarkan izin baru Toserba-toserba tersebut.

Gubernur Sumsel H Herman Deru Kucurkan Rp11,5 Miliar Bantu Perbaiki Jalan di Muratara

"Dari hasil wawancara dengan warga juga survey langsung ke lapangan, kami berdiskusi dan sampai pada kesimpulannya bahwa perlu mengeluarkan rekomendasi kepada Walikota supaya menstop keluarnya izin baru Toserba melalui Dinas Perizinan maupun Dinas Perdagangan, supaya warung-warung kecil milik warga kita tidak sampai kehilangan pembeli," tegasnya. (SP/ Wawan Septiawan)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved