Hutan Kota di Musi Rawas Diharapkan Jadi Tempat Belajar

luas hutan yang direvitalisasi 2,3 hektare dengan panjang kanal 400 meter.

Hutan Kota di Musi Rawas Diharapkan Jadi Tempat Belajar
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS
Beberapa pekerja tengah mengebut pengerjaan Hutan Kota Kabupaten Mura. 

Hutan Kota di Musi Rawas Diharapkan Jadi Tempat Belajar

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) saat ini tengah mengebut revitalisasi penataan kawasan hutan kota sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

Penataan dilakukan agar kawasan hutan kota yang berlokasi di pusat ibu kota Kecamatan Muara Beliti ini dapat lebih tertata dan memiliki sisi estetika yang menarik.

Diharapkan dengan revitalisasi ini dapat menarik kunjungan masyarakat, serta menjadi salah satu sarana belajar mengenai lingkungan bagi pelajar.

Kasi Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mura, Jalin Syafriko mengatakan, luas hutan yang direvitalisasi 2,3 hektare dengan panjang kanal 400 meter.

Kawasan ini akan dilengkapi dengan sejumlah gazebo, permainan anak-anak, taman bunga celosia, matahari, serta bunga 'seribu janji'.

Sedangkan, untuk fauna (hewan), ada beberapa jenis, diantaranya labi-labi, kukang, ayam bekisar, ular kobra, napuh, kancil, dan burung perkutut.

"Di kanal (parit) nya akan kita lepaskan bibit ikan patin dan tembakang sebanyak 500 ekor," katanya, Senin (24/6/2019).

Hingga saat ini, proses revitalisasi sudah mencapai 60 persen dan ditargetkan selesai sepenuhnya tahun 2020 mendatang.

"Saat ini sedang dikerjakan taman tempat selfie, jogging track, wahana mainan anak, mushola, serta toilet. Sudah banyak juga pedagang yang mendaftar untuk berdagang di kawasan itu," ujarnya.

Namun, meski belum 100 persen selesai, kawasan ini sudah akan dibuka pada 29 Juni mendatang. Per orang dikenakan biaya masuk Rp 10 ribu menggunakan saldo OVO.

"Untuk pengawasan ke depannya akan dilibatkan tim dari DLH dan Satpol PP. Ke depan juga akan diadakan tempat lomba kicau mania," ungkapnya.

Penulis: Eko Adiasaputro
Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved