Haji 2019

6 Juli Kloter Pertama JCH Embarkasih Palembang Masuk Asrama Haji, Berangkat ke Arab Saudi 7 Juli

Kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Palembang berjumlah 450 Jemaah Calon Haji (JCH) masuk asrama haji Palembang pada 6 Juli 2019

6 Juli Kloter Pertama JCH Embarkasih Palembang Masuk Asrama Haji, Berangkat ke Arab Saudi 7 Juli
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
Asrama Haji yang terletak di Jalan Tanjung Api-api Palembang. Kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Palembang berjumlah 450 Jemaah Calon Haji (JCH) masuk asrama haji Palembang pada 6 Juli 2019. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Palembang berjumlah 450 Jemaah Calon Haji (JCH) masuk asrama haji Palembang pada 6 Juli 2019.

Kepala Kakanwil Sumsel HM Alfajri Safidi mengatakan, sehari setelah di asrama Haji, selanjutnya JCH diberangkatkan ke tanah suci Arab Saudi dari Bandara SMB II Palembang.

"Jadi rencananya, kloter pertama akan diterbangkan dari Bandara Sultan Mahmmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada 7 Juli 2019," kata Alfajri didampingi Kasubag Humas Kakanwil Kemenag Sumsel, Saifudin Latief, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, Embarkasi Palembang berjumlah 19 kloter, dengan jumlah JCH sebanyak 7.195 orang, yang berasal dari Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung.

Tiap Jemaah Haji Sumsel Dapat Uang Saku Rp 1 Juta dari Pemprov Sumsel

Ia menjelaskan, awalnya Embarkasi Palembang akan memberangkatkan 7.035 JCH dari 19 kloter yang ada.

Ternyata dengan tambahan kuota 10 ribu jamaah untuk Indonesia, Sumsel mendapatkan sekitar 160 jamaah.

"Tambahannya sekitar 160 sekian. Karena 10 ribu itu dibagi secara proporsional untuk 34 provinsi, dan kebetulan pada kloter 19 jumlah CJH tidak full sehingga dimasukkan dan tidak ada penambahan kloter," ujarnya.

Saifudin menambahkan, Embarkasi Palembang saat ini telah siap menyambut CJH yang akan menunaikan haji pada 1440 Hijriah.

Mulai dari asrama haji Palembang hingga Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Palembang yang akan dilantik sebanyak 23 orang oleh Gubernur Sumsel pada 25 Juni mendatang di Griya Agung Palembang.

"23 PPIH embarkasih Palembang 1440 H akan dilantik di Griya Agung oleh Gubernur dan dihadiri pejabat dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI," bebernya.

Diharapkan karena PPIH ini terdiri dari semua instansi terkait, baik kesehatan, Imigrasi, Angkasa Pura, dan lainnya, bisa mensukseskan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Jemaah Haji Sumsel Bakal Dapat Piagam Keanggotaan IPHI

"Kalau Asrama haji kita sudah siap, dan fasilitas lebih unggul dibanding embarkasih lainnya," tandasnya.

Selain itu, untuk pemondokan CJH embarkasih Palembang menggunakan zonasi, maka titik kumpul ada di wilayah Raudhah bersama embarkasih Jakarta.

"Yang membedakan tahun ini, mungkin soal menu CJH nantinya karena ada menu nusantara, dulu orentasi saja kalau sekarang mungkin ada pindang, pempek atau makanan khas daerah tertentu."

"Kemudian perekaman biometrik (imigrasi) akan dilakukan masing- masing embarkasih, dulu dilaksanakan di Saudi, dan kadang antri panjang tapi Insya allah tahun ini tidak lagi," pungkasnya.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved