Berita Palembang

Sampah Masih Banyak Tak Terangkut, Begini Solusi dari Wawako Palembang

Masalah sampah masih menjadi persoalan yang belum bisa diatasi oleh pemerintah kota Palembang.

Sampah Masih Banyak Tak Terangkut, Begini Solusi dari Wawako Palembang
SHINTA ANGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
Sampah di kota Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Masalah sampah masih menjadi persoalan yang belum bisa diatasi oleh pemerintah kota Palembang.

Dari 1200 hingga 1300 ton sampah setiap hari, hanya mampu terangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kota Palembang (DLHK) 900 ton sampah perhari.

Karena itu, pemerintah kota Palembang memiliki terobosan untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan akan membuat tempat pembuangan sampah terpadu disetiap kecamatan.

"Jadi kita akan buat di setiap kecamatan bank sampah seperti di kecamatan Kalidoni. Disana sampah dikelola ada yang menjadi dicacah menjadi biji plastik, menjadi minyak premium, solar dan lain sebagainya," ujarnya, Rabu (12/6/2019).

Ia mengatakan saat ini Perdanya akan dibuat sehingga masyarakat nanti tidak kaget dan membuang sampah yang dikelola oleh lurah dan camat.

"Jadi sampah nanti akan dikelola di TPS terpadu langsung dikelola tidak mengendap lagi. Sampah dipilah-pilah mana yang bisa dikelola," ungkap dia.

Dengan adanya bank sampah ini nantinya bisa mengatasi permasalahan sampah yang belum sepenuhnya teratasi. "Jadi petugas nanti hanya mengangkut sampah-sampah yang ada dipinggir jalan saja," tegasnya.

"Selama ini, sampah kita setiap hari 1400 ton, dan masih ada yang tidak bisa terangkut. Ditambah lagi masalah TPA 1 yang overload dan TPA 2 yang terkendala infrastruktur," bebernya.

Secepatnya, kata dia TPS terpadu ini akan cepat direalisasikan paling lambat akhir 2019 ini.

Halaman
12
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved