Pemilu 2019

KPU Sumsel Sidang di Bawaslu RI, Alasan Tolak Penyandingan Data DA1 dan DB1 Dipertanyakan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menalani sidang di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Selasa (11/6/2019)

KPU Sumsel Sidang di Bawaslu RI, Alasan Tolak Penyandingan Data DA1 dan DB1 Dipertanyakan
Istimewa
sidang pemeriksaan dengan nomor laporan 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan agenda pemeriksaan laporan, meminta jawaban terlapor, dan pemeriksaan alat bukti, di Ruang Sidang Bawaslu RI, Selasa (11/6/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menalani sidang di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Selasa (11/6/2019).

Pada sidang itu, Bawaslu RI mempertanyakan alasan KPU Sumsel tak menyandingkan DA1 (rekapitulasi tingkat kecamatan) dengan DB1 (rekapitulasi tingkat kabupaten/kota) sebagaimana diminta saksi PKS.

Hal ini diungkapkan anggota KPU Amrah Muslimin dalam sidang pemeriksaan dengan nomor laporan 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan agenda pemeriksaan laporan, meminta jawaban terlapor, dan pemeriksaan alat bukti, di Ruang Sidang Bawaslu RI.

Menurut Amrah, KPU sudah menawarkan kepada semua saksi terkait keberatan saksi PKS, yang meminta melakukan penyandingan DA1 dengan DB1.

Ini Kata Ketua Komunitas Driver Online Soal Video Kau Nak Cak Mano Perempuan Tak Mau Bayar Gocar

KPU kemudian menolak menjalankannya karena ada penolakan dari saksi Nasdem sehingga rekapitulasi di kabupaten/kota sempat ditunda hingga larut malam.

"Seharusnya kami lakukan penyandingan DA1 dengan DB1, tapi kami tidak lakukan," ungkapnya.

Sementara itu, saksi Abdul Mun'im mengungkapkan, ada temuan selisih hasil penghitungan suara pada rekapitulasi di setiap tingkatan berdasarkan DA1 dengan DB1.

Hasil penghitungan DA1 di empat kecamatan meliputi Pendopo, Pendopo Barat, Muara Pinang, dan Tebing Tinggi terjadi penggelembungan suara bagi Partai Nasdem.

Breaking News: Satu Lagi Pembunuh 2 Remaja di Babat Supat Muba Menyerah, Fir Diantar Pak Kades

Untuk itu, pihak pelapor ketika rekapitulasi surat suara di tingkat provinsi mengajukan keberatan.

Dan meminta KPU Provinsi untuk melakukan penyandingan data DA1 dengan DB1, dengan disertai alat bukti yang diterima dari saksi-saksi PKS di tingkat kabupaten.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved