Berita Palembang

Usai Lebaran Banyak Warga Gadaikan Perhiasan Emas, Butuh Dana Untuk Kebutuhan Sekolah Anak

Pasca Lebaran Pegadaian kembali dibanjiri masyarakat yang akan menggadaikan barang berharganya untuk keperluan dana cepat.

Usai Lebaran Banyak Warga Gadaikan Perhiasan Emas, Butuh Dana Untuk Kebutuhan Sekolah Anak
HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Pegawai Pegadaian memperlihatkan model perhiasan terbaru di galeri 24 Pegadaian. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pasca Lebaran Pegadaian kembali dibanjiri masyarakat yang akan menggadaikan barang berharganya untuk keperluan dana cepat.

Pemimpin Wilayah III PT Pegadaian Persero Palembang Eka Pebriansyah mengatakan banyaknya gadai ini bisa saja karena sebentar lagi musim masuk sekolah sehingga ibu rumah tangga perlu uang tunai untuk mempersiapkan keperluan sekolah anak.

Begitu juga dengan pedagang butuh modal usaha sehingga memilih menggadaikan barang.

"Kalau sebelum lebaran banyak nasabah yang menebus tapi setelah lebaran justru sebaliknya banyak yang menggadaikan," ujarnya, Senin (10/6/2019).

Banyak pula nasabah yang menukar jaminan gadai dari semula perhiasan menjadi surat kendaraan.

Layanan Perbankan Normal Hari Ini, Bank Mulai Ramai Didatangi Nasabah

Wajib Pajak Mebludak di Semua Kantor Samsat Palembang, sampai Pukul 13.45 Sudah 600 Berkas

Dikatakan Eka perhiasan masih menjadi barang gadai terbanyak yang digadaikan setelah itu surat kendaraan, laptop, handphone dan barang berharga lainnya.

Pegadian Kanwil III Palembang mencatat Outstanding Loan (OSL) year to date sebesar 142 persen atau sebesar Rp 235 Miliar. Pencapaian ini melampaui pertumbuhan di atas rata-rata nasional sebesar 8,01%.

Sementara itu jumlah nasabah Kanwil III Palembang sebanyak 457 ribu dan realisasi laba sampai dengan April 2019 secara year to year tumbuh sebesar 6,23 persen atau sebesar Rp 73 miliar.

"Tabungan emas tetap jadi produk paling diminati masyarakat karena cukup dengan membuka rekening Rp 50 ribu sudah bisa menabung emas dengan cara dicicil dengan uang tunai ataupun dibayar dengan sampah," tambah Eka.

Saat Inl nasabah Tabungan Emas sudah mencapal 87 ribu nasabah, dengan rata-rata penjualan 3 gram emas per nasabah.

Tabungan Emas ini juga bisa menjadi alternatif untuk nasabah gadal sehingga mereka tidak perlu menjaminkan perhiasannya tapi cukup dengan saldo tabungan emas saja sebagai jaminan gadainya karena saldo yang tertera di buku Tabungan Emas Pegadalan adalah saldo gram emas.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved