BPJS Kesehatan Beberkan Rumah Sakit Terancam Putus Kerjasama, RSUD Muaradua Status Kuning

Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten OKU Selatan terancam tidak bisa melayani peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan Beberkan Rumah Sakit Terancam Putus Kerjasama, RSUD Muaradua Status Kuning
Tribun Sumsel/ Edison
Konferensi pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Kamis (2/5/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yunita Ibnu menegaskan jika hingga 1 Juni 2019 tidak mengurus registrasi dan tidak ada edaran dari menteri kesehatan untuk kerjasama, maka rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten OKU Selatan tidak bisa melayani peserta JKN-KIS.

"Selama ini RSUD Muaradua OKU Selatan itu tidak terakreditasi namun karena adanya edaran menteri jika rumah sakit satu-satunya di daerah harus bekerjasama maka bisa melayani peserta JKN-KIS."

"Namun kalau nanti tidak ada lagi edaran menteri dan tidak terakreditasi bisa jadi atau terancam tidak bisa lagi melayani peserta," tegas Yunita dalam konferensi pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Kamis (2/5/2019).

Yunita mengatakan selain rumah sakit OKU Selatan, dari 14 rumah sakit kerjasama dibawah BPJS Cabang Prabumulih juga ada beberapa rumah sakit yang mengalami kendala.

BPJS Kesehatan Palembang Klaim Sudah Bayar Hutang Rp 266 Miliar

Misalnya di Kota Prabumulih ada dua rumah sakit yang sudah warning perpanjangan akreditasi dan izin operasional yakni RSUD Prabumulih dan RS Fadilah.

"RSUD Prabumulih itu akreditasi akan berakhir dan RS Fadilah izin operasional juga akan berakhir di Desember nanti,"

"Rumah sakit di Muaraenim aman dan rumah sakit di OKU Ibnu Sutowo maupun RS Dr Noisemir juga akreditasi maupun izin operasional habis tahun ini," bebernya.

Kalau akreditasi saja tidak bisa bekerja apalagi jika ditambah dengan izin operasional rumah sakit habis maka jelas dan pasti tidak bisa berkerjasama.

Sebab kata Yunita, dua hal itu menjadi syarat mutlak suatu rumah sakit bisa melayani masyarakat peserta JKN-KIS.

"Untuk RSUD Martapura dan RSUD Muaradua OKU Selatan itu kuning atau sama sekali belum mengurus akreditasi, RS Panti Bhakti Ningsih Charitas OKU Timur juga habis izin akreditasi."

Halaman
123
Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved