Kisruh Rabo Bank Tutup, OJK: Tidak Ada Operasional Rabo Bank di Palembang, Cuma Kantor Kosong

Kepala Kantor OJK Regional 7 Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Panca Hadi Suyatno memastikan tidak ada operasional Rabo Bank di Kota Palembang

Kisruh Rabo Bank Tutup, OJK: Tidak Ada Operasional Rabo Bank di Palembang, Cuma Kantor Kosong
NET
Logo Rabo Bank. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Panca Hadi Suyatno memastikan tidak ada operasional Rabo Bank di Palembang.

Kantor lamanya yang beralamat di komplek Ilir Bartlat Permai dipastikan sudah tidak beroperasional lagi.

Hal ini terkait dengan pemberitahuan manajemen Rabo Bank yang akan menutup bertahap bank tersebut.

"Rasanya tidak ada di Palembang sebab jika ada pasti sudah ada izin atau pembicaraan atau izin dengan OJK," ujar Panca pada tribunsumsel.com, Rabu (1/5/2019).

Dikatakannya jika di semua wilayah Sumbagsel ada Rabo Bank namun jumlah tidak banyak dan dia juga tidak hafal persis berapa jumlahnya dan di kota mana saja keberadaan bank internasional tersebut.

"Sudah lama mau tutup itu sejak lama sudah ada wacana akan ditutup dan ternyata benar ditutup," tambahnya.

Sebelumnya dilansir dari Kompas.com, PT Bank Rabobank International Indonesia dalam suratnya kepada nasabah mengumumkan penghentian operasional Rabobank Indonesia atas wewenang pemegang saham pengendali. Pihak manajemen mengatakan, hal tersebut telah dilaporkan oleh bank kepada pengawas yakni Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

"Keputusan ini merupakan keputusan yang sulit namun merupakan bagian utama dari strategi global Rabobank Group terkait visi Banking for food yang terfokus kepada rantai pasok internasional untuk sektor pangan dan agrikultur," tulis manajemen dalam suratnya tertanggal (22/4/2019) yang diterima Kontan.co.id, Selasa (30/4/2019).

Adapun penghentian operasional Rabobank akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, beberapa kantor cabang bakal ditutup. Saat ini izin penutupan kantor cabang telah disampaikan pula ke OJK. Atas hal itu, Rabobank meminta para nasabah untuk menutup rekening di kantor cabang tempat pembukaan.

"Selama penutupan kantor cabang, secara bertahap kami akan mengurangi layanan produk dan jasa perbankan yang selama ini diberikan kepada nasabah Rabobank. Pemberitahuan lebih rinci akan kami sampaikan secara terpisah," tulis manajemen.

Sementara terkait dengan layanan safe deposit box yang juga akan dihentikan, surat tersebut juga berfungsi sebagai pemberitahuan awal tiga bulan sebelum penghentian tersebut. Pihak Rabobank juga berkomitmen untuk menjalankan keputusan pemegang saham serta memastikan proses pengembalian izin perbankan dan izin usaha dari otoritas terkait berjalan dengan baik.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved