Berita Lubuklinggau

Jumlah Hotel dan Investasi Terus Bertambah, Angka Pengangguran Lubuklinggau Malah Naik

Angka pengangguran di Kota Lubuklinggau berdasarkan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 mengalami peningkatan

Jumlah Hotel dan Investasi Terus Bertambah, Angka Pengangguran Lubuklinggau Malah Naik
Tribun Sumsel/Eko Hepronis
SN Prana Putra Sohe 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Angka pengangguran di Kota Lubuklinggau berdasarkan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 mengalami peningkatan.

Pengangguran saat ini berjumlah 4,55 persen dari 111.615 angka angkatan kerja di Lubuklinggau. Atau meningkat bila dibanding tahun 2017 lalu sebesar 4 persen.

Meningkatnya jumlah penggangguran ini, menjadi sorotan saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusun RKPD tahun 2019, Senin (25/3/2019) kemarin.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe meminta semua pihak untuk serius melakukan pembenahan dalam menyikapi peningkatan angka penggangguran ini.

Puskesmas Sukarami Palembang Porak-poranda, Dinkes Perintahkan Tetap Beri Layanan ke Masyarakat

Peternak di Palembang Ini Pasang GPS di Leher Sapinya, Pencuri Sapi Bisa Dibekuk

"Kenaikan dari 4.00 persen menjadi 4,55 persen ini menjadi tantangan kita bersama, karena yang dilihat pusat adalah angka," kata Nanan pada wartawan, Selasa (26/3).

Setahun terakhir laju pertumbuhan ekonomi di Kota Lubuklinggau tergolong baik, bahkan, nilai investasi perhotelan mencapai miliaran rupiah.

Namun, menjamurnya perhotelan di Lubuklinggau yang digadang-gadang mampu menyerap banyak tenaga kerja ternyata belum mampu menurunkan jumlah penggangguran.

Nazaruddin Kiemas Ayah Giri Ramanda Meninggal Dunia, Dimakamkan di Jakarta, Ini Profilnya

Kenaikan Gaji 5 Persen 8.000 ASN Pemprov Sumsel Dibayar 1 April 2019

"Kenaikan penggangguran ini disebabkan banyak faktor mulai letak geografis, karena banyak pelajar dari daerah lain seperti Tugu Mulyo, Muara Rupit, dan Empat Lawang, mereka mencari kerjanya di sini," ujarnya.

Kedua banyak lulusan SMA/SMK di Kota Lubuklinggau yang tidak kuliah dan belum tertampung di dunia kerja, bertepatan ketika itu sedang dilakukan disurvei.

"Solusinya tahun ini kita menganggarkan pemberian beasiswa untuk S1 untuk 90 orang, kemudian S2 untuk 30 orang, harapannya pemberian beasiswa ini bisa mengurangi pengangguran," terangnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved