Mudik Lebaran 2019

Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi Palembang-Lampung Tanggal 2 dan 3 Juni Habis

Untuk mudik Lebaran tahun 2019 ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III menyiapkan sebanyak 59.444 tiket kereta.

Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi Palembang-Lampung Tanggal 2 dan 3 Juni Habis
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi penumpang kereta api 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Untuk mudik Lebaran tahun 2019 ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III menyiapkan sebanyak 59.444 tiket kereta.

Manager Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa untuk tiket tujuan Lampung di tanggal 2 dan 3 Juni yang tiket ekonomi sudah habis.

"Untuk tujuan Lampung di tanggal 2 dan 3 Juni yang kelas ekonomi sudah habis. Jadi adanya tinggal yang kelas bisnis dan eksekutif," ujaranya, Senin (18/3/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa untuk kelas di kereta memang ada tiga yaitu ekonomi, bisnis dan eksekutif. Belum ada kelas-kelas yang lainnya. Untuk tiket rata-rata masih tersedia seperti ke Linggau dan lain-lain.

Untuk KA nya yaitu KA Limeks Sriwijaya relasi Kertapati-Tanjungkarang PP, KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau PP (KA Komersial eksekutif dan bisnis), Prabujaya Kertapati-Prabumulih PP dan KA kelas Ekonomi yaitu KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang PP, KA Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau PP.

"Sebelumnya kami sudah menginformasikan bahwa tiket sudah bisa dibeli sejak H-90 sebelum keberangkatan. Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019," katanya.

Aida juga mengatakan, untuk menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing. Selain itu ada penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar.

"KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," ungkapnya.

Sementara itu terkait barang bawaan setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi ke dalam Kereta Api dengan berat maksimum untuk tiap penumpang 20 kilogram dan dengan volume maksimum 100 dm3. Dimensi maksimal bagasi adalah 70 cm x 48 cm x 30 cm.

Penumpang akan diperbolehkan membawa bagasi yang melebihi berat atau ukuran seperti yang telah diatur hingga seberat 40 kg atau dengan volume 200 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm) ke dalam kereta penumpang dengan dikenakan bea kelebihan Bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.

Baiyanya untuk kelas eksekutif, tarif atas kelebihan berat bagasi akan dihitung Rp 10.000 per kilogram. Sementara, untuk kelas bisnis atau ekonomi komersial dikenakan Rp 6.000 per kilogram dan ekonomi non komersial Rp 2.000 per kilogram.

"Sementara itu kalau mudik menggunakan Kereta Api skaligus bawak motor itu biasanya program kementerian. Namun untuk di Sumsel ini tidak ada. Jadi tidak ada gerbong untuk motor," tutupnya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved