Mulai 1 Februari 2019, Tak Ikuti e-Absensi, Sertifikasi Guru dan Kepsek Akan Diberhentikan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mulai 1 Februari 2019 mendatang, guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS serta Kepala SD-SMP se Kota Palembang diwaj

Mulai 1 Februari 2019, Tak Ikuti e-Absensi, Sertifikasi Guru dan Kepsek Akan Diberhentikan
TRIBUN KALTIM/SAMIR
ilustrasi absensi sidik jari sebelum pulang kantor 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mulai 1 Februari 2019 mendatang, guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS serta Kepala SD-SMP se Kota Palembang diwajibkan absen menggunakan elektronik absensi (e-absensi).

Hal ini dipertegas oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, H Ahmad Zulinto SPd MM saat ditemui Tribunsumsel.com di Dinas Pendidikan kota Palembang di Jalan Pramuka, Srijaya, KM 5 mengatakan jika guru PNS atau non PNS tak absen sertifikasinya akan diberhentikan.

"Apalagi Kepala Sekolah jika tak absen menggunakan e-absensi sertifikasinya akan diberhentikan dan tidak dicairkan," ujarnya, Senin (28/1/2019).

Dia menambahkan, e-absensi yang diterapkan pada 1 Februari 2019 ini akan dipasang dan diterapkan di seluruh sekolah baik negeri maupun swasta.

Dan e-absensi ini akan terkoneksi ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palembang dan Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

"Laporannya akan direcord dan dipantau setiap harinya. Dengan adanya e-absensi tersebut ini juga diharapkan tidak ada lagi guru yang meninggalkan tugas di sekolah."

"Serta kami berharap, e-absensi ini efektif untuk meningkatkan kinerja guru dan Kepsek SD se-Kota Palembang," harapnya.

Untuk pengadaan alat e-absensi, lanjut Zulinto, pihak sekolah diperkenankan untuk menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

"Silahkan saja pakai dana BOS, yang penting Februari ini semuanya sudah menerapkan e-absensi," ujarnya.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved