Permohonan Dispensasi Nikahi Anak di Bawah Umur Melonjak, Apa Sebabnya?

Dalam kurun Januari hingga Oktober 2018 Pengadilan Agama (PA) Lubuklinggau menerima permintaan dispensasi menikah sebanyak 130 perkara.

Permohonan Dispensasi Nikahi Anak di Bawah Umur Melonjak, Apa Sebabnya?
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMSEL.COM
Pengadilan Agama Lubuklinggau Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, Kota Lubuklinggau.

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Dalam kurun Januari hingga Oktober 2018 Pengadilan Agama (PA) Lubuklinggau menerima permintaan dispensasi menikah sebanyak 130 perkara.

Dari jumlah pengajuan tersebut yang diputus PA Lubuklinggau sebanyak 117 perkara. Dari 117 perkara itu 70 persen permintaan dispensasi nikah karena di bawah umur, kemudian 20 persen Isbat nikah dan 10 persen lain-lain.

Berita ringan khas wong Palembang:

- Mari Membedah Kalimat Gelantum Ujinya dan Teka-teka Tatakannya

- Mengenal Sosok H Halim, Orang Kaya di Sumsel Sering Dikunjungi Presiden dan Banyak Tokoh Nasional

Humas PA Lubuklinggau, H Raden Syarnubi mengatakan jumlah perkara yang ditangani selama tahun 2018 meningkat 100 persen dari perkara yang ditangani tahun 2017 lalu.

"Sekarang naik lebih dua kali lipat, jumlah tahun lalu tercatat hanya 41 pasangan yang mengajukan dispensasi nikah," ungkap Raden pada awak media, Jumat (30/11).

Raden menyebutkan mereka yang mengajukan itu karena rata-rata mengalami ‘kecelakaan’. Pengajuan perkara dispensasi menikah pun hampir semuanya dikabulkan oleh pengadilan.

“Apabila administrasi sudah lengkap serta berdasarkan pertimbangan asas kemaslahatan dan kemudharatan, maka kami kabulkan,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved