Belum Daftar SNMPTN? Selasa 6 Maret Batas Akhir Pendaftaran

Diharapkan sisa waktu beberapa jam ini dapat dimanfaatkan betul oleh para calon mahasiswa yang belum mendaftar SNMPTN.

Belum Daftar SNMPTN? Selasa 6 Maret Batas Akhir Pendaftaran
google.com
SNMPTN 2018

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG --- Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang dibuka sejak 21 Februari lalu resmi akan ditutup, Selasa (6/3) hingga pukul 23.59 wib.

Diharapkan sisa waktu beberapa jam ini dapat dimanfaatkan betul oleh para calon mahasiswa yang belum mendaftar SNMPTN.

Humas dan Promosi SNMPTN Unsri, Prof Dr Ir Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan hingga pukul 13.23 Senin (5/3) jumlah pendaftar masuk Unsri yakni mencapai 20.824. Sebagai perbandingan ditahun lalu total pendaftar SNMPTN 2017 berjumlah 23.239 siswa.

"Masih ada waktu satu hari lagi sampai pukul 23.59 wib. Kita harapkan ini sisa waktu ini nantinya jumlah pendaftar dapat melampui tahun lalu," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 14.126 unsri menjadi pilihan utama atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) nomor satu oleh calon pendaftar. Sedangkan sebagai PTN ke 2 sebanyak 6.669.

"Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN. Apabila memilih dua PTN salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya dan sedangkan satu PTN lagi pendaftar boleh memilih PTN yang berada di Provinsi mana pun," ujarnya.

"Untuk Unsri sendiri alhamdulilah peminatnya cukup banyak dan menjadi pilihan PTN 1 bagi para calon pendaftar dalam SNMPTN ini," tambahnya lagi.

Selain itu, para calon pendaftar pun dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 program studi dengab ketentuan 1 PTN maksimal dua program studi.

"Kalau untuk prodi pilihan yang paling diminati yakni Manajemen, Akutansi, Pendidikan Dokter, PGSD dan Kesehatan Masyarakat untuk sementara ini," ujar Zulkifli.

Ia mengatakan untuk tahapan seleksi sendiri, pendaftar diseleksi di PTN pilihan 1 berdasarkan urutan pilihan program studi.

"Pendaftar yang memilih dua PTN jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung," ungkap dia.

Masih kata Zulkifli, seleksi ini sendiri dilaksanakan berdasarkan prinsip mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

"Selain itu, memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah dan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel dan transparan," jelasnya.
Karena itu, saat pengisian dan verifikasi pangkalan data sekolah dan siswa (PPDS) sekolah harus benar-benar melampirkan data yang real tanpa ada kecurangan.

"Jika sekolah melakukan kecurangan terhadap rekam jejak siswa pastinya akan ada sanksi yakni tak diikutsertakan lagi di SNMPTN tahun berikutnya dam siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN tetapi terbukti melakukan kecurangan makan akan dibatalkan status kelulusannya," tegasnya. 

Untuk hasil pengumuman seleksi sendiri akan diumumkan pada tanggal 17 April mendatang.(rie)

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved