Citizen Journalism

Rumah Zakat Turunkan Relawan Bantu Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Lampung

Sejak pagi relawan bersama warga bahu membahu membersihkan lumpur menggunakan alat-alat kebersihan seadanya seperti cangkul, skop, ember dan lainnya.

Rumah Zakat Turunkan Relawan Bantu Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Lampung
istimewa
Relawan Rumah Zakat membantu membersihka lumpur sisa banjir di kelurahan pesawahan, kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Kamis (23/2/2017). 

BANDAR LAMPUNG - Banjir yang melanda beberapa kawasan di Lampung membuat sejumlah rumah dan fasilitas umum tergenang banjir.

Saat banjir surut menyisakan lumpur yang menutupi halaman rumah dan jalans serta tempat lainnya.

Mengatasi masalah kebersihan itu relawan Rumah Zakat (RZ) cabang Lampung menurunkan anggotanya untuk membantu korban banjir membersihkan lumpur.

Delapan relawan diturunkan membantu membersihkan lumpur setinggi hingga 1,5 meter di kelurahan pesawahan, kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Kamis (23/2/2017).

Sejak pagi relawan bersama warga  bahu membahu membersihkan lumpur menggunakan alat-alat kebersihan seadanya seperti cangkul, skop, ember dan lainnya.

Kegiatan sempat berhenti beberapa kali, dikarenakan mobil pengangkut sampah dan lumpur yang diturunkan oleh dinas Pekerjaan Umum hanya 1 unit mobil pengangkut.

Meskipun demikian, tak menghalangi semangat warga dan relawan untuk terus memindahkan tumpukan lumpur setebal kurang lebih 50 cm dari selokan-selokan ke tempat terbuka untuk selanjutnya diangkut oleh mobil pengangkut.

"Kami berterima kasih kepada para relawan rz yang sejak 2 hari kemarin sampai hari ini terus membantu kami membersihkan lumpur sisa banjir yang menumpuk di selokan dan jalan" ujar Ketua RT setempat.

Pasca pembersihan banyak perubahan yang terjadi di lokasi banjir tersebut, mulai dari akses jalan yang sudah bisa dilalui, rumah-rumah warga yang mulai bersih serta selokan yang bisa berfungsi mengalirkan air kembali.

Kegiatan siaga bencana ini akan terus dilakukan oleh tim relawan rz Lampung hingga jalanan dan rumah yang terendam lumpur di lokasi terdampak banjir sudah dapat dilalui dan ditempati kembali.

Penulis: Nurul Hidayat, Rumah Zakat Lampung.

Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved