Breaking News:

Woro woro Eksklusif

VIDEO : Rumah di Daerah ini Berumur Ratusan Tahun Ditawar Hingga Miliaran Rupiah

Bangunan yang berada di tepi Sungai Musi ini berusia hingga 400 tahun. Beberapa bangunan sudah mulai rusak, namun ada juga masih tampak terawat. Misal

Editor: M. Syah Beni

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rumah kampung kampitan di 7 Ulu dan Yu Ching di 3 Ulu bukan sekedar bangunan tua. Peninggalan bersejarah ini menjadi saksi perjalanan keturunan Tionghoa sejak awal Dinasti Ming di abad 14 hingga kehidupan modern sekarang.

Bangunan yang berada di tepi Sungai Musi ini berusia hingga 400 tahun.

Beberapa bangunan sudah mulai rusak, namun ada juga masih tampak terawat. Misalkan rumah keluarga saudagar Yu Ching di 3 Ulu sampai sekarang tetap terawat.

Ahli waris dari generasi ke generasi tetap setia menjaga rumah ini. Banyak tawaran datang, mulai dari puluhan miliar sampai ratusan miliaran rupiah diajukan oleh pemodal dan kolektor demi bisa menguasai peninggalan bersejarah ini.

Keturunan tionghoa yang dipercaya menjaga rumah itu tak tergiur. Mereka menolak semua tawaran itu demi tetap menjaga kelestarian peninggalan nenek moyang.

Banyak tamu mancanegara terkesima dengan peninggalan bersejarah ini.

Para keturunan tionghoa yang datang ke sini seakan diajak menelusuri kehidupan nenek moyang mereka dahulu kala.

Bagaimana kondisi rumah ini sekarang? Mengapa kolektor rela berburu peninggalan bersejarah ini? Apa arti rumah ini bagi masyarakat keturunan Tionghoa? Baca berita selengkapnya di edisi cetak Tribun Sumsel, Sabtu (11/2/2017).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved