Tribunners

Dispora Sumsel Siapkan Pemuda Tanggap Bencana

Peristiwa bencana ini memerlukan penanganan secara sistematis dan komprehensif sehingga dapat diatasi dengan lebih optimal.

Dispora Sumsel Siapkan Pemuda Tanggap Bencana
Istimewa
Dispora Sumsel Melatih Pemuda Tanggap Bencana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Selama periode tahun 2015 berbagai peristiwa bencana alam telah melanda Provinsi Sumatera Selatan antara lain kebakaran hutan, banjir, longsor dan lain-lain.

Peristiwa tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat berupa jatuhnya korban jiwa, kehilangan harta benda, tekanan psikologis serta ketidakstabilan ekonomi.

Peristiwa bencana ini memerlukan penanganan secara sistematis dan komprehensif sehingga dapat diatasi dengan lebih optimal.

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga melaksanakan Pendampingan Pemberdayaan Pemuda Relawan Tanggap Bencana Tahun 2016 di Hotel Rio Palembang selama 3 hari dari 17 hingga 19 Oktober 2016. Peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang pemuda yang berasal dari Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan pemuda berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana sehingga menumbuhkan rasa sensitivitas dan kesetiakawanan sosial.

Narasumber kegiatan berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Kadispora Provinsi Sumsel meminta kepada peserta untuk selalu meningkatkan daya kemampuan pribadi serta menindaklanjuti kegiatan ini dengan membuat komunitas atau satgas Pemuda Tanggap Bencana.

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan akan membantu menyiapkan dana pendampingan melalui APBD.

Diharapkan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan 2 (dua) angkatan untuk terus mempersiapkan pemuda-pemuda Sumatera Selatan tanggap dengan bencana. (Rel)

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved