Ada Lovelace, Programmer Komputer Pertama di Dunia

Para penggemar teknologi komputer saat ini mungkin harus mengucapkan terima kasih pada seorang Ada Lovelace,

Ada Lovelace, Programmer Komputer Pertama di Dunia
ELitereaders
Ada Lovelace 

TRIBUNSUMSEL.COM-Para penggemar teknologi komputer saat ini mungkin harus mengucapkan terima kasih pada seorang Ada Lovelace, seorang matematikawan dan penulis ternama dari Inggris yang nantinya juga dikenal sebagai perempuan yang menjadi programmer komputer pertama di dunia. Siapa Ada Lovelace?

Seperti dilansir Elitereaders, Selasa (11/10/2016), lahir pada 10 Desember 1815, perempuan bernama lengkap Augusta Ada King tersebut merupakan putri dari George Gordon Byron dan Annabella.

Sang ayah, Byron, merupakan penyair terkenal pada masa itu. Tapi sayangnya Ada kecil tak pernah mengenal sang ayah karena usia pernikahan yang singkat antara Byron dan Annabella.

Ada kecil pun juga jarang mendapat perawatan dan kasih sayang dari ibunya. Ada justru diasuh oleh neneknya, Judith Milbanke, yang memang sangat menyayanginya.

Hal itu diperburuk dengan kondisi Ada yang sering sakit-sakitan. Ia pernah lumpuh selama hampir setahun dan harus berjalan menggunakan kruk pada 1831.

Sejak kecil, Annabella memang melatih anaknya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Hal itu didukung dengan kegemaran Ada terhadap bidang matematika.

Saat berusia 17 tahun, kemampuan Ada dalam bidang tersebut mulai terlihat. Salah satu guru Ada, Augustus De Morgan, sampai meminta agar putrinya lebih diarahkan ke bidang tersebut karena De Morgan melihat ada bakat istimewa dalam diri Ada.

Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari meroketnya nama Ada. Babbage sendiri adalah matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram.

Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada.

Babbage bahkan memberikan julukan “The Enchantress of Numbers” pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Edward
Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved