Ingin Menjelajah Yogyakarta Lebih Leluasa Dengan Motor Ini Tipsnya

Waktu tempuh pun bisa mencapai 1–3 jam dengan medan perjalanan yang cukup menantang, seperti rute menuju wisata alam di Wonosari, Candi Borobudur

Ingin Menjelajah Yogyakarta Lebih Leluasa Dengan Motor Ini Tipsnya
Net
Tugu Yogyakarta 

TRIBUNSUMSEL.COM, YOGYAKARTA - Sepanjang tahun ini, lebih dari 4,1 juta wisatawan lokal dan asing berkunjung ke kota Yogyakarta demi keindahan alam serta pesona budaya.

Dari kacamata Astra Motor Yogyakarta, tak sedikit pelancong yang memilih moda transportasi sepeda motor selama berkunjung.

Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan bahwa biasanya jarak tempuh untuk mengunjungi tempat wisata alam di Yogya adalah sekitar 40 -80 km.

Waktu tempuh pun bisa mencapai 1–3 jam dengan medan perjalanan yang cukup menantang, seperti rute menuju wisata alam di Wonosari, Candi Borobudur, maupun daerah pantai Parangtritis.

Astra Motor Yogyakarta tergerak untuk memberikan sosialisasi, agar para pelancong yang naik motor, diharap memperhatikan cara berkendara yang baik, demi liburan aman dan menyenangkan.

Berikut beberapa hal menurut Iqbal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan saat berwisata menggunakan sepeda motor di Yogyakarta, terlebih untuk yang baru pertama kali berkunjung.

1. Perlengkapan Wajib Berkendara
Helm SNI, jaket dengan warna cerah, celana panjang dengan bahan yang kuat seperti jeans, sarung tangan, dan sepatu yang melindungi mata kaki, merupakan perlengkapan utama yang harus selalu digunakan. Bila perlu, pengendara menyiapkan jas Hujan karena cuaca kota Yogya yang tidak menentu akhir-akhir ini.

2. Cek dan Persiapkan Kondisi Motor
Biasanya, para wisatawan meminjam sepeda motor dari rental tanpa mengecek terlebih dahulu kondisinya. Sisihkan waktu untuk mengecek bagian-bagian utama motor, seperti kondisi rem, tekanan angin, tingkat keausan alur pada ban, dan fungsi-fungsi lampu. Jangan lupa kondisi gir dan rantai, tidak kendor atau tidak terlalu kencang.

Agar lebih pasti, Iqbal menyarankan para wisatawan bisa mengecek beberapa hal tersebut pada bengkel resmi. Tidak perlu khawatir soal waktu, pasalnya di beberapa jaringan AHASS sudah memiliki jalur fast track untuk konsumen yang ingin mengecek atau mengganti peranti fast moving pada sepeda motor.

3. Siapkan Kondisi Fisik
Kendali sepeda motor ada pada penggunanya, sehingga kondisi fisik yang fit merupakan hal yang utama agar kita bisa tetap aman dalam berwisata.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved