Bahayanya Aturan "Semua Boleh Dimakan Asal Tak Berlebihan"

Anda foto dulu makanan yang ada di depan Anda. Lihat, apakah foto makanan yang Anda buat terlihat berlebihan dalam jumlah dan jenisnya atau tidak.

Bahayanya Aturan
Kompas/Priyambodo
Ketupat sayur santan seperti ini bisa meningkatkan kolesterol dan timbunan lemak. Coba saja mengganti beras putih di ketupat dengan beras merah. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kita telah mendengar nasihat yang mengatakan bahwa semua makanan boleh dikonsumsi asal jumlahnya tidak berlebihan. Sedikit makan ini dan itu, termasuk es krim dan daging asap, tak mengapa. Nikmati hidup sambil menjaga asupan kalori, benar begitu?

Bertentangan dengan apa yang selama ini kita dengar, penelitian dalam jurnal PLOS ONE menemukan bahwa aturan 'semua boleh dimakan asal dalam jumlah moderat', justru membahayakan diet.

Penelitian ini melibatkan lebih dari lima ribu wanita dan pria. Gaya hidup mereka, termasuk pola makan dan ukuran lingkar pinggang, diamati selama 5-7 tahun.

Pada akhir penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang menjalani aturan tersebut di atas mengalami penambahan ukuran lingkar pinggang sebesar 120 persen.

Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang merasa boleh makan apa saja, cenderung memilih makanan tidak sehat seperti daging olahan, makanan manis dan soda, alih-alih memilih buah dan sayuran.

Jadi, apakah ini artinya Anda harus meninggalkan aturan yang membolehkan Anda makan apapun dan lebih membatasi jumlah kalori serta memperbanyak makanan sehat? Mungkin demikian.

Tapi jangan khawatir, masih ada cara untuk menyeimbangkan antara selera Anda dengan keselamatan lingkar pinggang. Berikut saran dari Cynthia Sass, ahli diet dan nutrisi ternama di Amerika Serikat.

1. Beri peringkat pada makanan di hadapan Anda

Gunakan peringkat dari angka satu hingga lima. Satu untuk makanan yang menurut Anda tidak enak dan lima untuk makanan yang sangat enak, sehingga rasanya Anda tak bisa hidup tanpa makanan itu. Jika makanan yang ada di depan Anda tidak pantas diberi angka minimal empat, lewati, jangan Anda konsumsi.

Dengan cara ini, Anda bisa tetap makan makanan favorit (hanya makanan yang sangat favorit dan bukan semua jenis makanan) sekaligus menjaga jumlah asupan kalori.

Halaman
123
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved