Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Mendapatkan Rezeki, Siapa yang Memberi Kalian Makan?

Ustadz Abdul Somad, Lc. MA berpesan kepada kaum muslim untuk mengigat Allah dan tidak berlaku sombong tatkala berkuasa.

Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Mendapatkan Rezeki, Siapa yang Memberi Kalian Makan?
serambi Indonesia
Ustadz Abdul Somad atau disingkat UAS 

"Manakala ada pimpinan kantor yang mengatakan siapa yang mengaji kamu dan memberi kalian makan? Maka itu adalah ungkapan yang sangat tua, yang diucapkan Firaun (raja Mesir) yang diabadikan Allah dalam Alquran. Siapa yang memberi kalian makan?," ungkap Ustadz Abdul Somad, Lc. MA.

Saat itu Firaun berkata: Ana Robbakumul A'La. Ana Robb dalam bahasa arab, artinya mencipta, memelihara dan memberi makan

Menurut Abdul Somad, Allah mengabadikan kata-kata Allah Ta’ala telah menjamin rezeki seluruh anak dan orang tuanya bahkan seluruh makhluk, maka jangan takut.

Allah berfirman di dalam surat Al Isra’: “Janganlah kalian membunuh anak-anak kalian karena takut miskin”, maksudnya adalah takut terjadi kefakiran di waktu yang akan datang, oleh sebab inilah disana (di dalam surat Al Isra’: 31) Allah berfirman: “Kami yang akan memberikan rezeki mereka dan kalian”.

Ceramah Ustadz Hanan Attaki Tentang Doa, Teruslah Berdoa Berbuat Baik Walau Belum Dikabulkan

Ceramah Ustadz Abdul Somad Soal Mimpi dan Mantan: Jangan Pernah Memikirkan Mantan, Terbawa Mimpi

Ceramah Ustadz Abdul Somad: Jumpa Mantan Pacar di Facebook

Ceramah Ustadz Abdul Somad: 8 Langkah Cara Mendidik Anak Zaman Now Agar Sholeh

Allah memulai dengan penjaminan rezeki mereka untuk perhatian mereka, maksudnya adalah janganlah kalian takut kalian miskin gara-gara mereka, karena rezeki mereka di jamin Allah. Adapun di dalam ayat ini, ketika sudah terjadi kefakiran, Allah berfirman: “Kami memberikan rezeki kepada kalian dan mereka, karena pada saat ini mereka (orangtua) lebih penting.” Lihat kitab tafsir Ibnu Katsir.

Somad kembali berpesan, hai orang kaya jangan merasa sombong, karena Allah yang memberi kalian makan. Hai orang miskin janganlah rendah diri karena Allah yang memberi kalian makan.

Tatkala anda mengucapkan kata-kata siapa yang memberi kalian makan? maka apa beda kita dengan Firaun. Firaun merasa dialah yang memberi makan orang-orang mesir. padahal Allahlah yang memberi manusia makan.

Oleh karena itu, jangan sampai terlintas dalam pikiran kita, bahwasanya kita yang memberikan makan anak-anak kita/anak buah kita.

Banyak manusia yang tidak sadar, seolah olah dia telah memberi makan, padahal Allah-lah yang memberi makan.

Halaman
12
Penulis: Erwanto
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved