Ceramah Ustadz Abdul Somad: Jumpa Mantan Pacar di Facebook

UAS menegaskan, Iptek, kalau tidak dibarangi dengan pemahaman agama yang cukup maka dampaknya negatifnya luar biasa.

Ceramah Ustadz Abdul Somad: Jumpa Mantan Pacar di Facebook
tribuntimur.com
Ustadz Abdul Somad saat berceramah di salah satu daerah di Indonesia 

Ceramah Ustadz Abdul Somad: Jumpa Mantan Pacar di Facebook

TRIBUNSUMSEL.COM - Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), jamak diketahui memiliki dampak positif dan negatif, tergantung siapa dan bagaimana serta untuk apa dia menggunakannya.

Ini pula yang sering ditekankan para cedikiawan ketika memberikan pengertian dan perumpamaan dampak kemajuan Iptek kepada generasi sekarang.

Tidak terkecuali Ustadz Abdul Somad yang dikenal sebagai dai top sejuta viewer. Dalam berbagai kesempatan ceramah, UAS, dengan gayanya yang luagas namun tak membosankan, kerap menjelaskan dampak positif dan negatif kemajuan Iptek.

UAS mengatakan, zaman dulu kalau ia selesai ceramah, maka selesai saja sampai di situ. Namun dengan kemajuan Iptek, ceramah yang cuma sekali bisa disimak berkali-kali di mana pun berada.

"Sekarang, cerama sekali ini akan dimasukkan ke www.Youtube.com, dibuatkan keyword atau kata kuncinya, semua orang bisa nonton," kata UAS, ketika berceramah di hadapan mahasiswa Universitas Pasir Pangaraian (UPP), seperti dikutip Tribunsumsel dari video yang dipublis Tafaqquh Video pada 13 Januari 2018 lalu.

Tapi, kata UAS, jangan lupa bahwa Iptek juga bagaikan pisau bermata dua. Iptek bisa menyebabkan silaturahim terputus.

"Dulu orang kalau lagi duduk berbedakatan itu saling sapa, ngobrol. Sekarang, duduk lima orang la salam wala kalam, tak ada cakap tak ada tanya.

Semuanya adalah lima anak autis yang sibuk dengan dirinya sendiri. Andai ada salah satu yang pingsan, bukan ditolongnya.

Cuek aja. Gak lama difotonya, langsung diupdate di medsos dan dikasih caption ' ada orang pingsan di sebelah saya'. Bagi yang kasihan tolong like and share. Ini sisi negatifnya," kata UAS.

Halaman
123
Penulis: Eko Adiasaputro
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved