Cara Membuat dan Menikmati Kopi yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Seduh Kopi dengan Air Mendidih

Kopi itu manis tanpa harus ditambahkan gula, asal kamu tahu cara membuat dan waktu yang tepat saat menikmatinya

Cara Membuat dan Menikmati Kopi yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Seduh Kopi dengan Air Mendidih
Tribun Sumsel/ Tiara Anggraini
Iksan khairulnas Senior Barista tunjukan proses pembuatan kopi di Liberica Palembang Icon. Senin(25/2/19). Kamu harus tahu bagaimana membuat dan kapan waktu yang tepat menikmati kopi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kopi itu manis tanpa harus ditambahkan gula, asal kamu tahu cara membuat dan waktu yang tepat saat menikmatinya.

Mulai dari cara penyeduhan, harus kamu ketahui menyeduh kopi dengan air mendidih sangat tidak disarankan karena bisa menghilangkan rasa manis dari kopi bahkan menjadi lebih pahit.

Hal inilah yang dilakukan masyarakat selama ini, akhirnya kopi menjadi pahit, dan mereka akan menambahkan gula untuk memberikan rasa manis pada kopi.

Iksan Khairulnas yang merupakan senior barista Liberica Cabang Palembang, mengatakan, orang yang menambahkan gula pada kopi, sama saja mengkhianati kopi itu sendiri.

Robert Budi dan Michael Hartono Orang Paling Terkaya di Indonesia, CT Posisi Berapa? Ini Urutannya

Cara Kate Middleton dan Pangeran William Mendidik Anak, Larang George dan Charlotte Pegang Gadget

"Meminum dan menikmati kopi yang baik itu adalah tanpa menambahkan gula," katanya. Senin (25/2/19).

Iksan kembali menjelaskan ada kopi yang namanya identik taste fruity merupakan kopi yang banyak dijumpai di pulau jawa, dimana kopi-kopi ini mengadung manis dan acidity (asam) alami.

"Apalagi kopi-kopi yang dihasilkan di daerah Jawa itu mengandung rasa buah seperti jeruk, lemon, apel, peach dan semacamnya, jadi tanpa di tambahkan gula, kopi sudah terasa manis, asam asli dari kopinya," jelasnya.

Selain itu Iksan menceritakan suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi sangat berpengaruh pada cita rasa kopi itu sendiri, dan derajat suhu kepanasan air yang tepat itu adalah yang tidak lebih dari 70 celcius.

Festival Dana Desa Kejari Lubuklinggau di Musirawas dan Muratara, Pengelolaan Bagus Dapat Reward

Kesedihan Suami Wanita Hamil yang Tewas di Km 7, Jenazah Rencananya Dibawa ke Sekayu

"Air mendidih itu panasnya 100 celcius, karena terlalu panas akan merusak karakter kopi, kalau kopi di kasih gula maka rasa gula akan dominan dari pada kopi," ceritanya.

"Masyarakat itu sudah tersugesti, air tidak mendidih tidak nikmat, tidak dikasih gula maka pahit, itu salah karena penyajian dan cara menikmatinya, walaupun itu kembali lagi di selera," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Tiara Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved