Berita PALI

Mobil Damkar PALI Tiba 2 Jam Setelah Dihubungi, Sampai Lokasi Rumah Siti Sudah Habis Terbakar

Kalau ada mobil Damkar di setiap kecamatan, mungkin rumah korban tidak habis seperti ini. Saat ini armada Damkar jaraknya cukup jauh

Mobil Damkar PALI Tiba 2 Jam Setelah Dihubungi, Sampai Lokasi Rumah Siti Sudah Habis Terbakar
Tribun Sumsel/ Ari Wibowo
Kebakaran rumah milik Siti, di Desa Air Itam Selatan, Kabupaten PALI, Senin (17/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

‎TRIBUNSUMSEL.COM,PALI-Kebakaran terjadi di Desa Persiapan, Air Itam Selatan, Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kali ini api menyambar pemukiman padat, menghanguskan rumah panggung yang terbuat dari kayu yang dihuni empat jiwa milik Siti (45), Senin (17/9/2018) pagi.

Kejadian kebakaran tersebut tidak merenggut korban jiwa. Tidak juga merembat ke rumah warga lainnya.

Meski demikian, korban mengalami kerugian materi diperkirakan puluhan juta. Tak ada satu pun isi rumah Siti yang bisa diselamatkan.

Baca: Situasi di Arsenal Tak Kondusif, Jose Mourinho Siap Bawa Mesut Ozil ke Manchester United

Baca: Mantan Koruptor Nyaleg, Iwan Fals : Mantan Pecandu dan Sekelasnya Boleh Juga Kali ya

Kepala Desa Air Itam Selatan, Waren menjelaskan, api diketahui warga sekitar pukul 06.00. Api berasal dari ruang tengah rumah.

"Pemilik rumah telah berangkat ke kebun untuk menyadap karet, hanya ada satu penghuni yang berada di rumah itu, tetapi mengalami gangguan jiwa. Penyebab kebakaran belum pasti, sebab api begitu cepat berkobar," kata Waren. Senin (17/9/2018)

Dikatakan Waren, bahwa armada pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (DPBK) Kabupaten PALI tiba sekitar dua jam setelah dihubungi karena jarak antara kantor dinas tersebut menuju lokasi cukup jauh.

"Warga berjibaku dengan alat seadanya untuk memadamkan api dan mencegah api menjalar ke rumah warga lainnya, di sekitar lokasi kebakaran cukup padat permukiman penduduk."

"Petugas Damkar datang, api sudah hampir padam dan kondisi rumah Siti sudah hangus dan rata dengan tanah," katanya.

Baca: Kini Balas Pesan WA Makin Mudah dengan Cara ini, Otomatis Langsung Balas

Baca: Raih Juara di Japan Open 2018, Ini 18 Gelar Juara yang Pernah Diraih Markus Gideon dan Kevin Sanjaya

Atas kejadian tersebut, Waren mengharapkan bantuan dari Pemkab PALI baik itu terhadap korban kebakaran juga untuk mencegah kebakaran terulang.

Meminta penempatan armada kebakaran di desanya atau paling tidak ditempatkan di kantor Camat.

"Kalau ada mobil Damkar di setiap kecamatan, mungkin rumah korban tidak habis seperti ini. Sebab, saat ini, armada Damkar hanya disiagakan di kantor DPBK yang jaraknya cukup jauh," harap Waren.

Sementara itu, kepala DPBK Kabupaten PALI Chairullah mengatakan bahwa saat laporan adanya kebakaran diterima, petugasnya langsung meluncur ke lokasi. Namun, terkendala jarak rumah tak bisa dipadamkan.

"Kami siap siaga 24 jam, hanya saja jarak tempuh yang jauh membuat kami terlambat. Untuk ke depan, kami telah usulkan penempatan satu armada Damkar dalam satu kecamatan. Untuk tahun ini, kami akan upayakan penempatan satu unit motor Damkar dengan kapasitas tangki 600 liter," jelas Chairullah.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved