Asian Games 2018

Kemarin Hujan Buatan di Palembang dan Ogan Ilir, Modifikasi Cuaca Dilakukan Sampai Asian Games

Operasi penyemaian awan masih terus berlanjut sampai dengan sebelum dan sesudah pelaksanaan Asian Games 2018

Kemarin Hujan Buatan di Palembang dan Ogan Ilir, Modifikasi Cuaca Dilakukan Sampai Asian Games
Sripo/ Beri Supriyadi
Tahapan operasi modifikasi cuaca, Tim gabungan terdiri dari unsur TNI, BPBD, BPPT MC menyiapkan bahan semai diangkut menggunakan pesawat Cassa 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA-Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (BPPT-MC), Rabu siang (1/8) kembali melaksanakan operasi hujan buatan di wilayah Sumatera-Selatan (Sumsel).

Selama proses operasi berlangsung, tim mengerahkan dua pesawat Cassa masing-masing milik TNI Angkatan Udara dan pesawat CASSA 212-200 PK-PCT milik PT Pelita Air Service yang sebelumnya telah disiapkan di posko Lapangan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang.

Dua pesawat CASSA yang mampu menampung 22 orang penumpang tersebut, lepas landas dari posko Lanud SMH dengan membawa 2 ton bahan semai.

Baca: Pernah Ditawari Jadi Menterinya Jokowi, Secara Elegan Mahfud Menolak, Ternyata Terganjal Faktor Ini

Tepat pukul 11.50 tim yang menumpangi pesawat CASSA milik TNI Angkatan Udara langsung melakukan penebaran bahan semai sebanyak 1 ton di atas awan-awan "cumulus congestus" yang berada dititik Ogan Komering Ilir (OKI) dengan ketinggian awan 13 - 14 ribu kaki.

Selanjutnya, sort kedua tepat pukul 14.40, tim yang menumpangi pesawat CASSA 212-200 PK-PCT milik PT Pelita Air Service juga melakukan penebaran 1 ton bahan semai diatas awan Musi Banyuasin (Muba) dengan ketinggian awan 10 - 11 ribu kaki.

Baca: Peringatan, Kepala Daerah Dilarang Jadi Tim Kampanye Pilpres

"Alhamdulillah hasilnya setelah dilakukan dua sorti penyemaian awan, dari pantauan, tampak cakupan hujan yang terjadi kemarin cukup luas dan hujannya cukup deras," papar Kepala BBTMC-BPPT RI Dr Tri Handoko Seto melalui Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Sutrisno MSi.

Ia menyatakan, tepat pukul 13.20 - 14.40 wib terjadi hujan di Posko Lanud SMH Palembang dengan intensitas curah hujan sedang hingga lebat.

Lalu, Posmet Sekayu pada pukul 14.45 terjadi hujan, tepat pukul 16.15, hujan lebat mengguyur kawasan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

"Dari hasil pantauan satelit TRMM tanggal 31 Juli 2018 (00-23 UTC) terpantau kejadian hujan di wilayah Sumatera Selatan bagian Barat Laut, Utara dan Timur dengan Intensitas 0.1 – 40 mm. Curah hujan tertinggi dengan intensitas 40 mm di Wilayah Sumatera Selatan bagian Timur," ujar Sutris.

Ditambahkan Kabid Pelayanan Teknologi BPPT-MC, operasi penyemaian awan masih terus berlanjut sampai dengan sebelum dan sesudah pelaksanaan pekan olahraga terbesar antar negara-negara Asia (Asian Games) 2018 di Sumsel.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukannya operasi penyemaian, tim terlebih dahulu melakukan monitoring cuaca.

Hasil observasi awan secara visual terpantau pertumbuhan awan cumulus di Kabupaten Muba dan Kabupaten OKI.

"Begitu pun juga pada proses penyemaian selanjutnya, terlebih dahulu kita lakukan monitoring terhadap kondisi awan-awan yang memiliki tingkat hujannya tinggi. Lalu selanjutnya kita sebarkan bahan semai. 

"Alhamdulilah selama hari ke-28 proses penyemaian berlangsung, berjalan lancar tanpa hambatan dan tidak ada kendala," kata Sutrisno.

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help