Caleg 2019

Alex Noerdin dan Ishak Mekki Harus Lepas Jabatan Untuk Bertarung di DPR RI

deadline untuk keduanya harus mundur sebelum penetapan daftar caleg tetap (DCT) 21 September

Alex Noerdin dan Ishak Mekki Harus Lepas Jabatan Untuk Bertarung di DPR RI
Dok Tribun

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan waktu pengajuan daftar calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada 4-17 Juli 2018.

Dipastikan juga, Gubenur Sumsel Alex Noerdin dan Wagub Ishak Mekki maju pada kontestasi pileg 2019.

Baca: Alex Noerdin Resmi Maju ke Senayan Melalui Dapil Sumsel 2

Namun, sebelum masuk dalam daftar caleg sementara (DCS) pada Agustus nanti, deadline untuk keduanya harus mundur sebelum penetapan daftar caleg tetap (DCT) 21 September nanti.

Sebab masa jabatan Alex Noerdin dan Ishak Mekki akan berakhir pada November 2018.

"Kepala daerah itu dilarang menjadi caleg, kecuali mundur dulu dari jabatannya saat pencalegan. Jadi harus membuat surat pernyataan pengunduran diri yang tidak bisa dicabut kembali. Surat itu sudah harus diajukan sejak jadi Bacaleg. Tidak harus menunggu ditetapkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS)," jelas Komisioner KPU Sumsel divisi Teknis, Liza Lizuarni.

Baca: Mantan Kepala Daerah Ramai-Ramai Caleg, Alex Noerdin Dapil Sumsel II, Ishak Sumsel I

Pertarungan Nama Besar

Di Sumsel sendiri, dipastikan terdapat sejumlah nama yang akan mencoba peruntukan untuk bisa duduk di Senayan DPR RI melalui Daerah Pemilihan Sumsel yang memiliki 2 Dapil dengan alokasi 17 kursi tersedia.

Nama- nama besar itu diantaranya, Alex Noerdin, Ishak Mekki, M Irwansyah, Eddy Santana Putra, Iskandar M Sahil, Umar H Alim, Maphilinda Syahrial Oesman, maupun Lury Eliza Alex yang akan bersaing dengan petahana seperti Edhy Prabowo, Nazaruddin Kiemas, Bobby Adhityo Rizaldi, Hafiz Tohir, Wahyu Sanjaya, Fauzi Amro dan sebagainya.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved