Berita Baturaja

6 Hari Pasca Dibuka, Belum Ada Satupun Parpol di OKU yang Daftarkan Bacaleg-nya!

Terhitung dari tanggal 4 Juli Hingga Sekarang, KPU OKU memsatikan belum ada satupun Parpol yang mendaftarkan Bakal

6 Hari Pasca Dibuka, Belum Ada Satupun Parpol di OKU yang Daftarkan Bacaleg-nya!
tribunsumsel.com/Retno Wirawijaya

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA – Terhitung dari tanggal 4 Juli Hingga Sekarang, KPU OKU memastikan belum ada satupun Parpol yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

Hal ini diungkapkan langsung, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya saat dihubungi, Senin (9/7) siang.

"Pendaftaran Caleg untuk bersaing pada 2019 mendatang mulai 4-17 Juli 2018 mendatang di Kantor KPU OKU. Yang mendaftarkan pihak Partai Politik (Parpol) peserta pemilu. Sampai saat ini belum ada satupun parpol yang mendaftarkan bacaleg mereka," kata Naning.

Sebelumnya ada persyaratan untuk memasukan data secara online melalui aplikasi di sistem informasi calon (Silon) Pemilu 2019. “Operator parpol sudah diberikan pelatihan untuk mengisinya di silon,” katanya.

“Kita harapkan parpol di OKU tidak menunda pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Pendaftaran bakal caleg dimulai pada 4-17 Juli 2018. Sebetulnya, akan lebih baik jika partai politik memasukan data calonnya lebih awal pada proses pendaftaran peserta Pemilu 2019," katanya.

KPU sendiri memasukan syarat wajib bagi bacaleg untuk mendaftar melalui Silon dalam Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sebelum mengajukan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dari partai politik peserta pemilu sesuai tingkatannya wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon ke dalam Silon.

Dijelaskan Naning di dalam PKPU No 20 tahun 2018 dijelaskan, Bacaleg) yang akan bersaing di Pileg 2019 mendatang wajib melampirkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Surat keterangan LHKPN ini dijelaskan Naning, dikeluarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Mengingat kemampuan bacaleg maka, jika belum ada surat keterangan dari KPK terkait LHKPN ini, cukup dengan melampirkan keterangan bukti jika sudah menyerahkan laporan LHKPN ke KPK," jelasnya.

jumlah kursi untuk DPRD OKU sebanyam 35 kursi. Untuk wilayah ada 4 (empat) Daerah Pilih (Dapil).Dapil satu meliputi, Kecamatan Baturaja Timur, 10 Kursi.
Dapil dua meliputi kecamatan Lengkiti, Muara Jaya, Pengandonan, Semidang Aji Jumlah Penduduk, Sosoh Buay Rayap dan Kec. Ulu Ogan Alokasi 9 Kursi. Dapil tiga Meliputi Kec. Baturaja Barat, Lubuk Batang dan Kec. Lubuk Raja, Alokasi 10 Kursi. Untuk Dapil empat Meliputi Kec. Kedaton Peninjauan Raya, Kec. Peninjauan dan Kec. Sinar Peninjauan, Alokasi 6 Kursi.

"Bagi parpol peserta pemilu 2019 yang mendaftarkan bacaleg nya, salah satu syarat harus memenuhi syarat bacaleg 100 persen kuota kursi yang ada," jelasnya

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved