Berita Palembang

Persiapan Asian Games, Kantor Imigrasi kelas I Palembang Siapkan 4 Counter Pengecekan Berkas

Setidaknya, ada sekitar 20 orang pegawai imigrasi akan mengisi empat counter pengecekan berkas yang ada di Bandara Sultan Mahmud Badarudin

Persiapan Asian Games,  Kantor Imigrasi kelas I Palembang Siapkan 4 Counter Pengecekan Berkas
TRIBUNSUMSEL.COM/SLAMET TEGUH RAHAYU
Kantor Imigrasi Kelas I Palembang lakukan kerja bakti di masjid Ceng Ho, Jumat (12/1/2018). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Perhelatan ajang olahraga multi even Asian Games 2018 akan dihelat di kota Palembang‎.

Dengan dihelatnya even ini, otomatis akan banyak warga negara asing (WNA) yang akan datang, masuk ke kota Palembang. Baik atlet, official, maupun para suporter.

Dengan banyaknya WNA yang akan datang ke kota Palembang, membuat imigrasi kelas I Palembang harus bersiap untuk memeriksa berkas-berkas dan dokumen para WNA ini.

Setidaknya, ada sekitar 20 orang pegawai imigrasi akan mengisi empat counter pengecekan berkas yang ada di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II. 12 orang dibidang analisis keimigrasian, serta delapan orang merupakan staf umum.

"Kita siapkan semua, SDM (sumber daya manusia), serta saran, dan prasarananya. Itu sudah cukuplah ya, tidak perlu ada penambahan dari pusat. Nanti saat Asian Games, akan letakkan peralatan pemeriksaan disana," terang Kepala Imigrasi Kelas I Palembang, Budiono saat dibincangi Tribunsumsel, Jumat (12/1/2018).

Budiono menyebutkan, tidak perlu waktu lama bagi petugas untuk melakukan proses pemeriksaan berkas ini. Hanya butuh waktu tiga menit dirasa sudah cukup untuk mengecek paspor, visa, serta daftar cekal para WNA yang datang.

"Kita cek semua keasliannya. Sebentar itu tidak lama. Jadi walaupun bakal banyak WNA yang datang tidak masalah. Visa juga sekarang, sudah ada 169 negara yang bebas visa ya," katanya.

Tak hanya untuk mempersiapkan Asian Games 2018. Pada tanggal 26 Januari 2018 mendatang, Imigrasi akan memperingati hari bakti imigrasi ke 68 tahun 2018. Beberapa macam kegiatan dilakukan dalam acara ini.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan ialah melakukan kerja bakti di masjid Ceng Ho. Sebanyak 60 orang pegawai yang berada dibawah naungan Imigrasi kelas I Palembang turun dalam kegiatan kerja bakti ini.

"Ini memang kegiatan yang diperintahkan dari pusat, dan kita lakukan serentak di kantor imigrasi di kota Palembang," katanya.

Tak hanya kerja bakti, banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam peringatan hari bakti ini. Nanti pada tanggal 19 Januari 2018, akan digelar jalan santai dan senam bersama, tanggal 25 Januari 2018, kantor imigrasi kelas I Palembang akan menggelar sosialiasi tentang keimigrasian ke universitas yang ada di kota Palembang.

"Puncak kegiatannya, pada tanggal 26 Januari itu, kita adakan upacara dan syukuran," ungkapnya.

Disinggung mengenai target kedepan, Budiono mengaku, kantor imigrasi kelas I Palembang, akan berusaha memperbaiki sistem pelayannnya. Selain itu, mereka juga akan menerapkan sistem imigrarsi e-Goy pasti smile (Simpatik, mumpuni, intregitas, lugas, empati).

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help